RI Ingin Tingkatkan Hubungan Bilateral dengan Seychelles

Sonya Michaella    •    Sabtu, 10 Mar 2018 00:03 WIB
seychelles
RI Ingin Tingkatkan Hubungan Bilateral dengan Seychelles
Mantan Menlu RI, Hassan Wirajuda saat bertemu dengan Presiden Seychelles. (Foto: Kemlu RI)

Victoria: Utusan Khusus Presiden RI, Hassan Wirajuda bertekad untuk meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Seychelles, sebuah negara kepulauan yang berdekatan dengan Benua Afrika.

Negara kepulauan ini terletak di Samudra Hindia, sekitar 1.600 kilometer sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar.

Mantan Menteri Luar Negeri RI 2001-2009 tersebut mengutarakan niatnya saat bertemu dengan Presiden Seychelles Danny Faure dan Wakil Presiden Seychelles.

Mereka bertiga membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian Indonesia dan Seychelles dalam upaya peningkatan hubungan bilateral, dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu 10 Maret 2019. 

Dalam pertemuan di State House tersebut, isu yang mengemuka di antaranya kerja sama ekonomi, infrastruktur, dan pelatihan capacity building. 

Presiden Seychelles mengapresiasi kedekatan antara Indonesia dan Seychelles yang sudah terjalin baik selama ini dalam konteks bilateral maupun dalam berbagai forum internasional. 

Senada dengan itu, Wakil Presiden Seychelles menggarisbawahi potensi kerja sama di bidang perdagangan, perikanan, pemberantasan narkoba dan rehabilitasi pengguna narkoba serta pembangunan infrastruktur. Pertemuan juga membahas penguatan kerja sama dalam konteks IORA. 

Dalam pertemuan terpisah, Menteri Keuangan, Perdagangan, dan Perencanaan Ekonomi dan Menteri Investasi, Industri dan Pengembangan Kewirausahaan menekankan pada potensi kerja sama bagi pelaku UMKM meningat sebagian besar bisnis di Seychelles merupakan UMKM.

Sementara itu, Menlu Seychelles berharap kedua negara dapat memperkuat dan memperluas kerja sama termasuk di bidang penerbangan dan sumber daya mineral. 

Terkait pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020, Pemerintah Seychelles menilai kedekatan Indonesia dan Seychelles akan membawa dampak positif bagi peluang Indonesia.

(DRI)


Strategi AS Tandingi Tiongkok di Afrika

Strategi AS Tandingi Tiongkok di Afrika

15 minutes Ago

Amerika Serikat mengumumkan strategi baru untuk Afrika, benua yang belakangan banyak dirangkul…

BERITA LAINNYA