Presiden Iran Nyatakan ISIS sudah Tamat

Arpan Rahman    •    Selasa, 21 Nov 2017 22:22 WIB
isis
Presiden Iran Nyatakan ISIS sudah Tamat
Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto: AFP)

Teheran: Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan kelompok militanIslamic State (ISIS) sudah tamat. Pengumuman disampaikannya dalam sebuah pidato yang disiarkan langsung di televisi milik pemerintah.

Seorang komandan senior Garda Revolusi Iran, Mayjen Qassem Soleimani, juga mengumumkan akhir dari ISIS dalam sebuah pesan yang dikirim ke pemimpin tertinggi Iran. Pesannya diterbitkan di Sepah News, situs berita milik Garda.

Pengumuman Rouhani sudah disiarkan hari ini, seperti dilaporkan Mirror, Selasa 21 November 2017.

Video dan gambar Soleimani, yang memimpin Pasukan Quds, sering muncul di media Iran dalam beberapa tahun terakhir. 

Quds Force menjadi cabang Garda Revolusi yang bertanggung jawab atas operasi di luar perbatasan Iran di posisi garis depan dalam pertempuran melawan ISIS di Irak dan Suriah

Pekan lalu, media Iran menerbitkan gambar Soleimani di Albu Kamal, Suriah timur, sebuah kota yang menurutnya merupakan wilayah terakhir yang direbut dari kendali ISIS.

Garda Revolusi, pengawal militer Iran terkuat, telah berjuang mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dan pemerintah pusat di Baghdad selama bertahun-tahun. 

Lebih dari seribu anggota Garda, termasuk para komandan seniornya, sudah terbunuh di Suriah dan Irak.

Tentara Suriah mengumumkan kemenangan melawan ISIS pekan lalu. Namun rekaman lain secara mengejutkan muncul bahwa pertempuran masih terus berlanjut. Militer Rusia juga terlihat mengebom beberapa lokasi ISIS dari udara dalam video tersebut.


(WIL)