Remehkan Istri, Presiden Nigeria Dikecam Keras

Arpan Rahman    •    Sabtu, 15 Oct 2016 17:55 WIB
nigeria
Remehkan Istri, Presiden Nigeria Dikecam Keras
Aisha Buhari (paling kiri) (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Abuja: Presiden Nigeria dikecam setelah meremehkan kritik istrinya dengan mengatakan "dia bertugas di dapur saya."
 
Presiden Muhammadu Buhari menanggapi itu setelah istrinya, Aisha Buhari, mengatakan dia mungkin tidak mendukungnya lagi pada pemilihan berikutnya kecuali ia mengganti para anggota senior pemerintah.
 
"Saya tidak tahu istri saya milik partai apa, tapi dia memiliki dapur dan ruang tamu dan kamar-kamar lain," ujar Buhari, seperti dikutip Independent, Sabtu (15/10/2016).
 
Buhari juga menegaskan dia memiliki "pengetahuan superior" di atas istrinya dan para kritikus lain "karena pada akhirnya saya berhasil" dalam politik.
 
Presiden 73 tahun itu berkomentar sambil berdiri di samping Kanselir Jerman Angela Merkel. Kanselir perempuan itu dilaporkan telah memelototi Buhari sebelum tertawa sebentar.
 
Pernyataan Buhari telah banyak dikecam, para komentator dan pengguna media sosial meramaikan dengan 'lelucon'. Daniel Bekele, direktur Human Rights Watch divisi Afrika, mengatakan, pernyataan itu "seksis dan ofensif."
 
"Sebuah respons yang kuat sangat dibutuhkan Afrika, lepas dari kecaman atas pernyataan Presiden Buhari menyudutkan wanita. Dia harus segera meminta maaf atas kata-katanya dan harus bertindak dengan cara yang menunjukkan bahwa permintaan maafnya tulus," tulis Bekele.
 
Tapi juru bicara kepresidenan Nigeria, Garba Shehu, mengatakan komentar presiden tidak perlu ditanggapi serius.
 
"Politik kadang-kadang harus dibumbui dengan humor. Bagi kita di sekelilingnya yang tahu tidak pernah ada waktu yang membosankan bersama dia," tweet Shehu.
 
"Bapak Presiden amat menghormati kedudukan perempuan dalam masyarakat kita. Dia percaya pada kemampuan perempuan," imbuh Shehu.
 
Aisha Buhari sebelumnya mengatakan kepada BBC, suaminya perlu mengganti pemerintahannya dan menghapus menteri yang tidak cocok dengan visi partainya All Progressives Congress (APC). 
(Baca: Istri Presiden Nigeria Ancam Tidak Berikan Dukungan ke Suami).
 
"Presiden tidak tahu 45 dari 50 dari orang-orang yang ditunjuknya dan saya tidak tahu apa mereka baik dibandingkan istrinya yang 27 tahun ini," kata Aisha.
 
"Jika hal seperti ini terus berlangsung, saya tidak akan berkampanye lagi dan meminta kaum wanita untuk memilihnya seperti yang kulakukan sebelumnya. Saya tidak akan pernah melakukannya lagi," pungkas Aisha.
 
Mr Buhari terpilih tahun lalu setelah beberapa kali mencalonkan diri. Sebagai mantan penguasa militer, ia meraih kekuasaan dengan menjanjikan untuk melawan ekstremisme Islam dan mengatasi korupsi.
 
Dia telah dipuji karena menjaga ketertiban tetapi harus berurusan dengan sejumlah krisis, termasuk korupsi, resesi pertama Nigeria sejak satu dekade terakhir, dan perang berdarah selama tujuh tahun melawan kelompok militan Islam Boko Haram.
 
Aisha mengakui keberhasilannya awal pekan ini, ketika 21 gadis yang diculik oleh kelompok teroris itu dibebaskan setelah negosiasi dengan pemerintah. Para pejabat mengatakan mereka memperkirakan masih ada 190 gadis dalam penyekapan akan dibebaskan dalam beberapa pekan mendatang.
 
Presiden menikah dengan istrinya yang sekarang, yang adalah cucu dari menteri pertahanan pertama negara itu, pada 1989. Mereka memiliki lima anak.



(FJR)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA