Pencarian MH370 Difokuskan ke Objek Bawah Laut

Willy Haryono    •    Rabu, 19 Oct 2016 15:20 WIB
misteri mh370
Pencarian MH370 Difokuskan ke Objek Bawah Laut
Ucapan "Pray for MH370" ditulis di atas pasir. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Canberra: Tim investigasi kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH370 akan mengerahkan kendaraan bawah laut untuk mengamati sejumlah objek yang ditemukan dalam pemindaian sonar di Samudera Hindia. 

Pesawat Boeing 777 dengan nomor penerbangan MH370 hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014. Pesawat mengangkut total 239 penumpang dan kru. 

Meski pencarian berskala masif dilakukan di lokasi yang diyakini sebagai tempat jatuhnya MH370, jejak pesawat belum terdeteksi. Beberapa objek tidak terkait MH370 ditemukan selama pencarian. 

Selama pencarian, tiga serpihan metal ditemukan warga di beberapa lokasi di sepanjang garis pantai Samudera Hindia. Tim investigasi mengonfirmasi ketiganya merupakan bagian dari MH370. 

Sementara serpihan lainnya yang ditemukan "tidak menunjukkan karakteristik pesawat terbang" dan perlu dieliminasi dari kasus MH370. 

"ROV (kendaraan bawah laut dari kapal Dong Hai Jiu 101) akan dikerahkan untuk menginvestigasi objek-objek bawah laut melalui video imaging," ujar Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) yang memimpin pencarian MH370, seperti dikutip AFP


Malaysia Airlines. (Foto: AFP)

"Kondisi cuaca dingin hingga saat ini menghambat pengerahan ROV, tapi belakangan kondisi laut mulai membaik," lanjutnya. 

ATSB mengatakan kondisi cuaca buruk memaksa adanya perpanjangan rentang waktu pencarian MH370, dari Desember tahun ini hingga Februari 2017. 

Lebih dari 110 ribu kilometer per segi dari total 120 ribu km per segi area pencarian MH370 telah disisir ATSB. 

Pemerintah Australia, Malaysia dan juga Tiongkok, negara mayoritas dari penumpang MH370, sepakat mengakhiri pencarian jika seluruh area telah disisir, kecuali jika 
muncul "informasi baru yang kredibel."


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA