Korban 'Badai Asma' Terus Bertambah

Annisa ayu artanti    •    Senin, 28 Nov 2016 04:18 WIB
badai australia
Korban 'Badai Asma' Terus Bertambah
Ilustrasi badai asma - BBC/Matthew Wu

Metrotvnews.com, Victoria: Jumlah orang yang meninggal akibat fenomena langka yang disebut 'badai asma' terus meningkat. Saat ini jumlah korban akibat badai tersebut berjumlah enam orang. Sementara tiga orang lainnya saat ini dalam kondisi kritis.

Dikutip dari BBC, Senin (28/11/2016) hujan deras dan angin kencang pada Minggu (27/11/22016) waktu setempat, menjadi pemicu ribuan orang terserang asma akibat serbuk sari di negara bagian Victoria.

Paramedis dan rumah sakit sempat kewalahan meladeni ribuan telepon masuk yang melaporkan masalah pernapasan. Badai asma terjadi pada Musim Semi di mana serbuk sari menjadi basah, terpecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan masuk ke dalam paru-paru, menyebabkan orang sulit bernapas.

Lebih dari 8.000 orang dirawat di rumah sakit. Sekitar satu dari 10 orang yang terkena asma di Australia, dengan sekitar 80 persen dari mereka menderita alergi, terutama serbuk sari dari gandum. Musim Semi di Melbourne tahun ini lebih basah, dan menciptakan malapetaka bagi penderita asma dan demam.



(REN)