Turki Tangkap Empat Terduga ISIS yang Hendak ke Suriah

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Feb 2019 20:18 WIB
turkiisis
Turki Tangkap Empat Terduga ISIS yang Hendak ke Suriah
Bendera hitam ISIS. (Foto: AFP)

Ankara: Pasukan bersenjata Turki dari unit perbatasan menangkap empat terduga kelompok militan Islamic State (ISIS) di distrik Akcakale, Sanliurfa. Keempatnya ditangkap saat hendak menyeberang ke Suriah secara ilegal.

Salah satu tersangka militan ISIS, diidentifikasi sebagai Feride Samur, sebelumnya memang diburu aparat usai keluarnya sebuah surat penangkapan terhadap dirinya. 

ISIS melancarkan serangan ke beberapa wilayah di Turki yang telah menewaskan lebih dari 300 orang dan melukai puluhan lainnya. ISIS juga mengklaim bertanggung jawab atas penembakan di kelab malam Reina pada malam pergantian tahun baru 2017.

Dalam beberapa tahun terakhir, militan atau simpatisan ISIS menggunakan Turki sebagai jalur penghubung menuju Suriah atau Irak.

Sebelum malam pergantian tahun 2019, Turki berhasil menangkap 30 orang terduga ISIS di Ankara. Mereka semua adalah warga negara asing.

Dalam operasi terpisah dalam penangkapan terbaru, seperti dilansir dari Asharq al-Awsat, Minggu 3 Februari 2019, pasukan Turki juga menangkap 10 warga Irak di wilayah utara. Menurut laporan kantor berita Anadolu Agency, kesepuluh orang itu dicurigai terkait ISIS.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soglu mengklaim negaranya telah berhasil mencegah sekitar 347 aksi teror sepanjang 2018. "Ada perjuangan besar dan juga kesuksesan di negara kami," ungkap Soylu.

Ekstremis ISIS berada di balik serangkaian aksi teror di Turki, termasuk pengeboman dalam unjuk rasa damai di stasiun kereta api Ankara pada 2015. Serangan itu menewaskan 103 orang dan melukai lebih dari 500 lainnya. Desember 2018, pasukan Turki telah menangkap 251 terduga ISIS.


(WIL)