Menlu AS Bahas Konflik Suriah dengan Menlu Rusia

Fajar Nugraha    •    Jumat, 09 Sep 2016 10:57 WIB
konflik suriah
Menlu AS Bahas Konflik Suriah dengan Menlu Rusia
Suriah dalam kondisi hancur akibat perang (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry berangkat menuju Jenewa, Swiss untuk melakukan pembicaraan dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov, terkait Suriah.
 
Keduanya diperkirakan akan membahas upaya penerapan gencatan senjata secara menyeluruh di Suriah. Penerapan gencatan bisa membuka aliran bantuan kemanusiaan ke dalam Suriah.
 
Sejak 26 Agustus, Kerry dan Lavrov sudah melakukan pertemuan tiga kali untuk membahas Suriah. Pertemuan pertama dilakukan di Jenewa dan dua kali pertemuan di Hangzhou, Tiongkok.
 
Pada Kamis 8 September, Lavrov dilaporkan melakukan pertemuan dengan utusan khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura di Jenewa. Tetapi tidak dijelaskan hasil pertemuan itu.
 
Rusia sebagai sekutu dari Presiden Suriah Bashar al-Assad melakukan serangan udara yang diarahkan kepada kelompok Islamic State (ISIS). Sementara AS juga mengerahkan pasukan koalisi untuk mendukung pasukan pemberontak melawan ISIS.

 
 
Desakan agar Rusia mengupayakan gencatan senjata di Suriah juga diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier. Dia juga menekankan pentingnya pengiriman bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di Aleppo.
 
"Pihak Amerika Serikat telah memberi penawaran. Sekarang, Rusia bisa menunjukan apakah mereka sungguh-sungguh mengakhiri pertempuran di Suriah," ungkap Stenmeier, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (4/9/2015).
 
Steinmeier melihat Rusia juga sudah tidak memiliki niat untuk melihat pertempuran berlanjut di Suriah. Menurutnya pemerintahan di Moskow mengetahui, bahwa saat ini sudah tidak ada lagi solusi kemiliteran terkait konflik di Suriah.

(FJR)