Indonesia-Rwanda Tingkatkan Potensi Kerja Sama Ekonomi

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 14 Dec 2018 19:02 WIB
Indonesia-Rwanda
Indonesia-Rwanda Tingkatkan Potensi Kerja Sama Ekonomi
Duta Besar RI untuk Rwanda Ratlan Pardede (kiri) dan Presiden Rwanda Paul Kagame (kanan). (Foto: Dok. KBRI Dar es Salaam).

Kigali: Indonesia akan terus meningkatkan potensi kerja sama dengan Rwanda, khususnya di bidang ekonomi. Pernyataan ini disampaikan Duta Besar RI untuk Tanzania merangkap Rwanda Ratlan Pardede saat menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Paul Kagame.

"Dubes RI Dar es Salaam telah menyampaikan keinginan RI untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral dengan Rwanda di bidang ekonomi, sosial budaya, khususnya pendidikan dan pelatihan, serta politik," demikian dikutip dari pernyataan tertulis KBRI Tanzania, Kamis 13 Desember 2018.

Terkait hubungan perdagangan, tercatat adanya peningkatan signifikan pada 2017 menjadi USD7,38 juta atau sekitar Rp107,8 miliar. Meski demikian, masih banyak potensi di bidang perdagangan yang dapat ditingkatkan.

"Ke depannya, Pemerintah Indonesia akan terus berupaya meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Rwanda di berbagai bidang," imbuh Ratlan.

Dia juga mempromosikan peluang beasiswa, studi dan berbagai program pengembangan kapasitas di Indonesia. Ratlan juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Rwanda untuk RI sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020.

Presiden Kagame menyambut baik surat kepercayaan tersebut. Dia yakin potensi kerja sama RI-Rwanda sangat besar.

Dia juga mendukung penuh upaya peningkatan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Rwanda. Bahkan dia mengundang para pengusaha RI untuk berinvestasi di sana dan menjamin kemudahan berbisnis.
(FJR)