Militer Israel Luncurkan Serangan Udara ke Jalur Gaza

Sonya Michaella    •    Jumat, 01 Dec 2017 14:21 WIB
palestina israel
Militer Israel Luncurkan Serangan Udara ke Jalur Gaza
Asap membubung tinggi di Jalur Gaza akibat serangan udara Israel. (Foto: AFP)

Gaza: Militer Israel menyatakan tentara telah melancarkan serangan udara kedua terhadap di Jalur Gaza, kemarin sore. Namun, pagi hari tadi Israel menuduh Palestina melancarkan serangan yang sama.

Serangan tersebut dilancarkan setelah para gerilyawan Jalur Gaza menembakkan bom mortir ke arah pos militer di samping pagar pemisah antara Israel dan bagian utara Jalur Gaza, kemarin siang.

Serangan tersebut mengakibatkan kerusakan kecil, namun tak ada korban jiwa dan luka-luka.

Dikutip dari Xinhua, Jumat 1 Desember 2017, setelah melancarkan serangan tersebut, Israel menuduh Palestina yang banyak bermukim di Jalur Gaza, melancarkan serangan yang sama.

Militer Israel juga melancarkan serangan udara gabungan dengan serangan artileri, dengan sasaran dua pos gerilyawan Palestina dan dua pos Hamas.

Beberapa jam kemudian, serangan udara kedua dilancarkan. Kali ini, satu pesawat Israel menyerang dua pos militer lagi milik gerilyawan Palestina di bagian tengah Jalur Gaza.

Ketegangan meningkat setelah Israel mengebom satu terowongan penyeberangan dari Jalur Gaza ke Israel, dan menewaskan sedikitnya 12 anggota gerilyawan Palestina, bulan lalu.

Semakin meningkat ketegangan di kawasan itu ketika Fatah dan Hamas berusaha melaksanakan kesepakatan damai. Namun, Israel keberatan dengan kesepakatan itu.

Israel terakhir kali melancarkan serangan besar ke Jalur Gaza ialah pada 2014. Sejak itu, peristiwa penembakan kerap terjadi di kedua sisi perbatasan, tapi tak pernah berubah menjadi perang besar.


(FJR)