Boko Haram Bunuh Empat Penebang Kayu di Nigeria

Willy Haryono    •    Minggu, 31 Dec 2017 14:04 WIB
boko haram
Boko Haram Bunuh Empat Penebang Kayu di Nigeria
Milisi lokal memeriksa lokasi bom bunuh diri di Maiduguri, Nigeria, 8 Juni 2017. (Foto: AFP/STR)

Maiduguri: Grup ekstremis Boko Haram menembaki sekelompok penebang kayu di sebuah desa terpencil di Nigeria, Sabtu 30 Desember 2017. Serangan menewaskan sedikitnya empat orang. 

Militan bersepeda motor menyerang para korban yang sedang menaikkan kayu ke mobil bak terbuka di desa Maiwa, sekitar 20 kilometer dari ibu kota Maiduguri. 

Tiga kendaraan pengangkut kayu yang sedang melaju menuju Maiduguri dibakar para penyerang. 

"Empat penebang kayu ditembak mati Boko Haram, yang juga membakar tiga kendaraan penuh kayu bakar," kata Ibrahim Liman, kepala pasukan milisi yang memerangi pemberontak di Nigeria, seperti dilansir AFP

Liman mengatakan sejumlah penebang lainnya berhasil melarikan diri. Ia menambahkan para penyerang dengan enam sepeda motor menembaki korban tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Sepak terjang Boko Haram telah menewaskan lebih dari 20 ribu orang dan membuat 2,6 juta lainnya kehilangan tempat tinggal sejak 2009. Aksi mereka memicu krisis kemanusiaan di kawasan. 

Sebagian besar korban telantar akibat Boko Haram menggantungkan hidup dari bantuan relawan. Sementara sebagian lainnya memilih menebang kayu untuk dijual demi kebutuhan hidup.

Boko Haram belakangan sering menyerang penebang kayu, yang dituduh melakukan aktivitas mata-mata dan menyampaikan informasi gerakan pemberontak ke militer atau milisi lokal.

Agustus lalu, Boko Haram memenggal tiga penebang kayu di dekat desa Aisa-Wulomari, 40 km dari Maiduguri. Sementara pada April, delapan penebang kayu dibunuh dan jasadnya dibakar Boko Haram di Kayamla, 10 km dari Maiduguri.


(WIL)