Raja Salman Rombak Jajaran Perwira Militer Arab Saudi

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 27 Feb 2018 10:41 WIB
politik arab saudi
Raja Salman Rombak Jajaran Perwira Militer Arab Saudi
Raja Salman rombak seluruh jajaran perwira militer Arab Saudi. (Foto: AFP).

Riyadh: Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud merombak jajaran perwira militer, termasuk kepala staf angkatan bersenjata.

Ia mengganti kepala angkatan darat, pertahanan udara, serta pejabat sipil, termasuk beberapa wakil menteri dalam serangkaian dekrit pada Senin 26 Februari malam waktu setempat.

Tidak ada alasan resmi yang diberikan dalam perombakan ini. Namun, perombakan dilakukan saat Putra Mahkota Mohammed bin Salman tengah menggenjot reformasi di berbagai bidang, termasuk militer.

Tak hanya itu, perombakan dilakukan saat pemberontak Houthi di Yaman mulai menyerang Arab Saudi.

"Kepala Staf Jenderal Abdul Rahman bin Saleh al-Bunyan adalah satu dari beberapa yang diberhentikan. Fayyad al-Ruwaili ditunjuk sebagai penggantinya," demikian ditulis dari laman Kantor Berita Arab Saudi, SPA, yang dilansir AFP, Selasa 27 Februari 2018.

Al-Bunyan diberhentika setelah dia meresmikan pameran senjata pekan ini di Riyadh. Pameran tersebut dibuka oleh Industri Militer Arab Saudi (SAMI), perusahaan pertahanan negara yang telah menarik beberapa firma pertahanan global.

Putra Mahkota Mohammed, yang juga adalah menteri pertahanan, telah mengkonsolidasikan cengkramannya pada kekuasaan Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir.


(WIL)