Istri Mugabe Dikabarkan Ditahan di Tempat Penyiksaan

Sonya Michaella    •    Rabu, 22 Nov 2017 08:03 WIB
zimbabwe
Istri Mugabe Dikabarkan Ditahan di Tempat Penyiksaan
Istri Robert Mugabe, Grace Mugabe. (Foto: AFP)

Harare: Usai diktaktor Zimbabwe, Robert Mugabe digulingkan dari kursi kepresidenannya, masih dipertanyakan di mana sebenarnya istri Mugabe, yakni Grace Mugabe.

Posisi Mugabe sedianya akan digantikan oleh Emmerson Mnangagwa, mantan wakil presiden yang dipecat Mugabe pekan lalu. Sebelumnya, digadang-gadang, Grace akan menggantikan Mugabe sebagai Presiden Zimbabwe.

Dikutip dari Express, Rabu 22 November 2017, Grace dikabarkan kini ditahan di sebuah fasilitas rahasia oleh para pemberontak yang pernah diancam akan dihancurkan.

Keberadaan wanita yang kerap dijuluki 'Gucci Grace' ini tidak diketahui sejak tentara mengambilalih pemerintahan Mugabe. Sejumlah laporan mengatakan, Grace lari ke Namibia. Namun, ada yang membantah bahwa ia masih berada di Harare bersama suaminya.

Setelah itu, muncul kabar bahwa ia ditangkap tak lama setelah militer melucuti kekuasaan Mugabe. 

Sejak saat itu, Grace ditahan sendirian di salah satu pangkalan militer negeri yang merupakan tempat-tempat penyiksaan yang dulu diciptakan Mugabe.

Ada pula muncul kabar bahwa dua kali sehari, Grace dipindahkan ke lokasi lain agar informasi keberadaannya tak diketahui. Pasalnya, jika posisi Grace bocor, para loyalis Mugabe akan mencoba membebaskannya. 

Grace terkenal sebagai istri presiden yang kerap menghambur-hamburkan uang dan bergelimang barang mewah. Hal ini jelas membuat para rakyat Zimbabwe membencinya. 

Selain Grace, kabarnya Mugabe juga sedang berupaya menyelamatkan kedua putranya, Chatunga dan Robert Mugabe Jr yang kini tinggal di Afrika Selatan.


(FJR)