Presiden Prancis Mendadak Kunjungi Arab Saudi Bahas Stabilitas Lebanon

Sonya Michaella    •    Jumat, 10 Nov 2017 11:01 WIB
arab saudiprancis
Presiden Prancis Mendadak Kunjungi Arab Saudi Bahas Stabilitas Lebanon
Presiden Prancis Emmanuel Macron diterima oleh Putra Mahkota Arab Saudi. (Foto: AFP)

Paris: Presiden Prancis Emmanuel Macron mendadak kunjungi Arab Saudi, Kamis malam waktu setempat. Di Riyadh, ia diterima oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. 

"Kunjungan saya ke Arab Saudi tidak direncanakan. Sebelum ke Saudi, saya singgah di Uni Emirat Arab selama dua hari," kata Macron, dikutip dari BBC, Jumat 11 November 2017.

Berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi, serangan rudal milisi Houthi ke Yaman menjadi salah satu topiknya. Tak hanya itu, Macron juga menekankan stabilitas di Lebanon yang kini sedang dilanda krisis.

"Saya percaya penting kita bekerja dengan Arab Saudi untuk menjamin stabilitas di wilayah ini dan perang melawan terorisme," ungkap dia.

Macron tak lupa menyinggung kemenangan militer Suriah, yang juga disokong Prancis, untuk mengusir ISIS dari Raqqa.

"Kita telah menang di Raqqa dan dalam beberapa pekan mendatang, beberapa bulan mendatang, saya yakin dengan kuat, kita benar-benar akan menang di tingkat militer di zona Irak-Suriah," ucap presiden berusia 32 tahun ini.

Di Abu Dhabi, Macron meresmikan Museum Louvre Abu Dhabi. Dibukanya museum ini menjadi simbol penguatan hubungan bilateral Prancis dan UEA.

Macron juga menyambangi pangkalan Angkatan Laut Prancis Camp Peacedi Port Zayed, yang terletak persis di seberang perairan Teluk Arab dari Museum Louvre Abu Dhabi. 


(FJR)