Livestreaming

Pasukan Pemerintah Suriah Diduga Gunakan Bom Klorin Serang Aleppo

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 07 Sep 2016 07:08 WIB
suriah membara
Pasukan Pemerintah Suriah Diduga Gunakan Bom Klorin Serang Aleppo
Ilustrasi. (Foto: AFP/Bulent Kilic).

Metrotvnews.com, Al-Sukkari: Pasukan Pemerintah Suriah diduga menyerang warga Aleppo dengan menjatuhkan bom gas klorin. Serangan ini setidaknya menewaskan satu orang dan puluhan orang lainnya mengalami sesak nafas. 

Berdasarkan laporan dari para aktivis lokal dan petugas medis, pasukan Pemerintah Suriah menjatuhkan dua barel bom yang diduga gas klorin ke wilayah Al-Sukkari, sebelah timur Aleppo yang dikuasasi pemberontak pada Selasa (6/9/2016). Akibat serangan itu, satu orang tewas dan melukai lebih dari 100 orang.

Petugas penyelamat Pertahanan Sipil Suriah Ibrehem Alhaj mengatakan, anak-anak disiram air dan menggunakan masker oksigen untuk membantu pernapasan mereka. Sesat setelah helikopter menjatuhkan bom, ia menemukan empat silinder klorin yang diduga dijatuhkan pasukan Pemerintah Suriah.

Seperti dilansir Aljazeera, warga yakin bahwa serangan tersebut menggunakan gas klorin. Sebab gejala yang ditimbulkan sama dengan apa yang mereka alami pada serangan-serangan gas klorin pada masa lalu. 

Bulan lau, pada investigasi yang dilakukan PBB dan Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia menyatakan bahwa Pemerintah Suriah bertanggung jawab atas dua serangan gas beracun pada 2014 dan 2015 karena penggunaan klorin. Klorin adalah bahan kimia industri umum, tetapi penggunaan dalam senjata dilarang oleh Konvensi Senjata Kimia.

Pasukan Pertahanan Sipil Suriah pun menuduh pemerintah menggunakan serangan gas klorin pada Agustus lalu.

PBB tengah menyelidiki tuduhan ini. Jika tuduhan ini benar, maka semakin menegaskan bahwa rezim Pemerintah Suriah telah melakukan kejahatan perang. Atau tuduhan ini hanya untuk meningkatakan ketegangan di kota yang sedang dikepung oleh pasukan rezim pemerintah.

Whisnu


(HUS)

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton
Debat Capres AS 2016

Debat Perdana Capres AS Pecahkan Rekor Jumlah Penonton

6 hours Ago

Jumlah tersebut mengalahkan rekor debat capres Ronald Reagan dengan Jimmy Carter pada 1980. 

BERITA LAINNYA