Seorang Polisi Turki Tewas Ditusuk Terduga Militan ISIS

Willy Haryono    •    Senin, 14 Aug 2017 10:25 WIB
isis
Seorang Polisi Turki Tewas Ditusuk Terduga Militan ISIS
Polisi memblokade sebuah ruas jalan di Ankara, Turki, 24 Mei 2017. (Foto: AFP/ADEM ALTAN)

Metrotvnews.com, Istanbul: Seorang polisi tewas ditusuk senjata tajam oleh terduga militan kelompok Islamic State (ISIS) di Istanbul, Turki, Minggu 13 Agustus 2017. 

Menurut laporan kantor berita Dogan, pelaku menusuk korban sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Ketika itu, pelaku dibawa keluar dari mobil patroli polisi usai penangkapannya. 

Pelaku, yang ditahan atas dugaan hendak melancarkan serangan bom bunuh diri di Turki, ditembak mati usai menusuk petugas. Korban penusukan sempat dilarikan ke rumah sakit, namun mengembuskan napas terakhir akibat luka parah. 

Belum diketahui pasti bagaimana pelaku bisa memegang pisau saat berada dalam pengawasan polisi. 

Turki dilanda serangkaian serangan teror pada 2016 yang menewaskan ratusan orang. Tahun itu merupakan yang terburuk dalam sejarah serangan teror di Turki. 

Serangkaian serangan dituduh Ankara dilakukan ISIS dan militan dari Partai Pekerja Kurdi atau PKK, yang telah memerangi pemerintahan Turki sejak tiga dekade silam. 

Bulan lalu, unit anti-teror di Istanbul menangkap puluhan terduga militan ISIS, beberapa di antaranya disebut-sebut sedang merencanakan "serangan sensasional" di Turki. 

Sebuah serangan oleh ekstremis ke kelab malam di Istanbul menewaskan 39 orang, yang terjadi hanya 75 menit menuju pergantian tahun 2017. Sebagian besar korban adalah warga negara asing.

Sejak saat itu, jumlah serangan teror di Turki relatif menurun, namun ketegangan di beberapa kota besar tetap terasa.


(WIL)