Pertempuran Sengit di Yaman, 16 Pasukan Houthi Tewas

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 05 Aug 2017 17:05 WIB
konflik yaman
Pertempuran Sengit di Yaman, 16 Pasukan Houthi Tewas
Pemberontak Houthi yang melawan Pemerintah Yaman (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Mocha: Sebanyak 16 pasukan pemberontak Houthi tewas dalam pertempuran yang berkecamuk di Yaman.
 
"Selama pertempuran sengit di dekat Kota Pantai Mocha di sebelah barat Yaman pada Jumat 4 Agustus, pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh koalisi militer pimpinan Arab Saudi membuat kemajuan baru melawan pasukan Houthi, dan menewaskan delapan di antara mereka," sebut kantor berita resmi Yaman, Saba, yang dikutip Xinhua, Sabtu 5 Agustus 2017.
 
Pasukan Yaman,-yang didukung Arab Saudi- merebut kembali kendali atas lokasi militer penting di  Mocha.
 
Delapan orang pasukan Houthi lainnya dilaporkan tewas di Provinsi Shabwa. Mereka tewas ketika dihantam serangan udara koalisi Arab Saudi. 
 
Pasukan bukan tanpa perlawanan. Pada Jumat pagi, pasukan Houthi menyebutkan bahwa rudal ditembakkan ke basis kekuatan tentara Yaman di Provinsi Taiz. 
 
Konflik perebutan masih berkecamuk antara Pemerintah Yaman yang didukung dunia internasional, melawan kelompok Houthi. Pemerintah Yaman didukung oleh pasukan koalisi pimimpinan Arab Saudi melawan Houthi yang didukung Iran.
 
Maret 2015, koalisi militer Arab, memberlakukan blokade laut dan udara guna mencegah senjata sampai ke gerilyawan Houthi. Saat itu pihak Houthi menyerbu Ibu Kota Yaman, Sana'a, dan merebut sebagian besar wilayah provinsi di Yaman Utara.
 
Perang saudara yang sudah berlangsung sejak 2015 diketahui sudah menewaskan lebih dari 10 ribu orang. Kebanyakan korban adalah warga sipil. Perang juga menimbulkan wabah kolera terbesar di dunia, dengan sebanyak 5.000 kasus dilaporkan setiap harinya.



(FJR)