Ledakan saat Salat Subuh di Masjid Nigeria Tewaskan 5 Orang

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 30 Oct 2017 22:36 WIB
boko haram
Ledakan saat Salat Subuh di Masjid Nigeria Tewaskan 5 Orang
Warga berkumpul di dekat masjid yang terkena ledakan bom bunuh diri di Maiduguri, Nigeria, 21 September 2015. (Foto: AFP / STRINGER)

Metrotvnews.com, Maiduguri: Sedikitnya lima orang tewas ketika seorang pria meledakkan dirinya dalam sebuah masjid di Nigeria bagian timur laut. Serangan terjadi di Maiduguri pada pukul 04.30 pagi waktu setempat, saat orang-orang menunaikan ibadah salat subuh.

"Seorang pengebom bunuh diri menyamar sebagai orang yang hendak salat. Dia masuk masjid saat orang-orang berkumpul. Dia meledakkan bom yang ada di tubuhnya dan membunuh lima orang serta melukai beberapa lainnya," ujar pemimpin Satuan Tugas Bersama Sipil (CJTF) di Ajiri Yala.

Dikutip laman AFP, Senin 30 Oktober 2017, diduga kuat pelaku adalah militan grup ekstremis Boko Haram. Selama ini, Boko Haram jarang mengklaim bertanggung jawab atas berbagai serangan di Nigeria dan sekitarnya. Hanya saja, taktik yang digunakan mereka saat beraksi biasanya sama.

Masjid yang tidak mendukung pandangan ekstremis Boko haram dianggap sebagai sasaran serangan. Hal ini juga berlaku pada masyarakat atau komunitas yang condong mendukung pemerintahan sekuler Nigeria.

Hari Minggu kemarin, seorang anggota CJTF yang bertugas di sebuah pos pemeriksaan di daerah Muna Maiduguri tewas dan satu lainnya terluka saat dua wanita meledakkan diri. Kedua wanita itu juga diduga kuat adalah militan atau dimanfaatkan Boko Haram.

Sepekan sebelumnya, 14 orang tewas saat seorang wanita meledakkan diri di dekat kamp Garasi Mina. Kamp itu merupakan tempat bagi puluhan ribu orang yang kehilangan tempat tinggal akibat kekerasan di Nigeria.

Boko Haram masih merupakan ancaman bagi militer Nigeria, meski pemerintah mengklaim kelompok tersebut telah melemah dan hampir kalah total.



(WIL)