Trump akan Diskusikan Krisis Libya dengan Presiden Kongo

Willy Haryono    •    Selasa, 27 Dec 2016 09:41 WIB
konflik libyakonflik kongodonald trump
Trump akan Diskusikan Krisis Libya dengan Presiden Kongo
Presiden terpilih AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Brazzaville: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan bertemu Presiden Republik Kongo Denis Sassou Nguesso untuk mendiskusikan krisis politik Libya dan masalah benua Afrika lainnya. 

Juru bicara kepresidenan Kongo Thierry Moungalla menuliskan di Twitter bahwa kedua pemimpin akan mencari solusi mengakhiri krisis Libya dan isu lainnya di kontinen. 


Denis Sassou Nguesso. (Foto: AFP)

Seperti dikutip Reuters, Senin 26 Desember, perwakilan tim transisi Trump belum merespons pertanyaan perihal rencana pertemuannya dengan presiden Kongo. 

Resmi menjadi presiden AS pada 20 Januari, saat ini Trump sedang menghabiskan sepanjang pekan ini di resor Mar-a-Lago di Florida. 

Libya dilanda kekacauan politik seiring terbelahnya negara menjadi dua bagian, timur dan barat. Beberapa faksi bersenjata juga berlomba-lomba mendapatkan kekuasaan di Libya. 

Trump, seorang pebisnis asal New York yang belum pernah memegang jabatan politik, telah menggelar serangkaian pertemuan di Palm Beach dan juga Trump Tower untuk mempersiapkan kepemimpinannya di Gedung Putih. 

Sebagian besar pertemuannya berpusat pada orang-orang yang akan berada di pemerintahannya nanti.

Pada November, Trump bertemu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan menurut sebuah laporan, keduanya akan kembali bertemu pada 27 Januari tahun depan. 

Setelah menang dari Hillary Clinton pada 8 November, Trump mendapat banyak telepon dari tokoh dunia yang ingin memberikan ucapan selamat.


(WIL)