Kebakaran Hanguskan Pasar di Ibukota Kenya, 15 Tewas

Arpan Rahman    •    Kamis, 28 Jun 2018 17:31 WIB
kenya
Kebakaran Hanguskan Pasar di Ibukota Kenya, 15 Tewas
Ilustrasi kebakaran (Foto:Medcom/M Rizal)

Nairobi: Api melalap salah satu pasar terbesar di Nairobi, Kenya. Peristiwa ini menewaskan setidaknya 15 orang dan melukai 70 lainnya.

Pasar Gikomba merupakan pusat perdagangan pakaian bekas di ibukota Kenya tersebut. Pasar ini terletak di wilayah Pumwani yang merupakan kawasan padat penduduk.

Api dilaporkan muncul pertama kali pada pukul 2:30 pagi waktu setempat. Api dengan cepat menyebar ke deretan gedung yang bersebelahan dengan pasar.

Seperti dikutip Associated Press, Kamis 28 Juni 2018, korban luka yang dapat diselamatkan segera dilarikan ke rumah sakit. Berdasarkan laporan saksi mata, masih banyak korban yang terjebak di dalam kompleks pasar.

Komisaris Wilayah Nairobi, Kangethe Thuku, mengatakan korban tewas telah berhasil dievakuasi regu penyelamat. Dia menambahkan sembilan korban tewas masih terjebak di dalam sebuah gedung.

Pedagang Pasar Gikomba mndistribusikan pakaian bekas ke berbagai penjuru Kenya. Mereka mengumpulkan pakaian besar dari negara-negara Eropa dan Amerika.

Kebakaran merupakan hal yang kerap terjadi di Pasar Gikomba. Kebakaran kali ini diduga banyak pihak sebagai insiden yang disengaja. 


(WAH)