Pemuka Agama Palestina Desak Israel Cabut Semua Perangkat Keamanan

   •    Rabu, 26 Jul 2017 10:19 WIB
palestina israel
Pemuka Agama Palestina Desak Israel Cabut Semua Perangkat Keamanan
Kompleks Masjid Al-Aqsa. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tekanan dunia internasional termasuk Indonesia membuat Israel tak berkutik. Belakangan diketahui bahwa pemerintah Israel membongkar alat pendeteksi logam yang dipasang di sejumlah titik kawasan masjid Al Aqsa.

Namun, informasi yang diterima Dubes RI untuk Yordania dan Palestina Andy Rahmianto, pemimpin-pemimpin umat di Yerussalem Timur khususnya di kompleks Al Aqsa menilai pembongkaran alat pendeteksi logam saja tidak cukup.  

"Mereka tetap menuntut agar semua perangkat keamanan yang sudah dipasang sejak 14 Juli untuk dicabut," ujar Andy, dalam Primetime News, Selasa 25 Juli 2017.

Baca juga: Israel Tarik Semua Staf Kedubes di Yordania

Andy mengatakan desakan tersebut disampaikan secara terbuka melalui jalur resmi maupun tak resmi. Para pemuka agama ini mendesak agar Al Aqsa dikembalikan sebagaimana fungsinya sebagai tempat beribadah.

Menurut para pemuka agama di Palestina, akses beribadah di Al Aqsa adalah sesuatu yang tidak bisa ditoleransi. Sehingga mereka meminta agar seluruh instalasi perangkat deteksi dan keamanan yang dipasang Israel harus dicabut tanpa syarat dan kondisi apapun.

Baca juga: Israel Copot Detektor Logam di Al-Aqsa

Sementara itu, mengingat kondisi Palestina dan Israel yang masih belum kondusif, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri dan KBRI mengimbau kepada masyarakat Indonesia yang berencana mengunjungi Palestina untuk ibadah untuk menahan diri.

"Sementara kami mengimbau jemaah yang akan berkunjung ke Palestina khususnya Yerussalem untuk menahan diri sampai situai kembali normal," pungkasnya.




(MEL)