2.000 Militan ISIS Masih Bertahan di Raqqa

Arpan Rahman    •    Sabtu, 05 Aug 2017 14:31 WIB
isis
2.000 Militan ISIS Masih Bertahan di Raqqa
Militan ISIS masih ada yang berada di Raqqa, Suriah (Foto: PA).

Metrotvnews.com, Beirut: Sekitar 2.000 militan Islamic State (ISIS) tetap berada di kota Raqqa di Suriah. Di tengah serangan demi merebut kembali markas kelompok tersebut.
 
Brett McGurk, utusan khusus untuk koalisi melawan ISIS mengatakan, pasukan pendukung AS sudah menguasai sekitar 45 persen saham Raqqa sejak operasi dimulai pada Juni.
 
Dia katakan kelompok tersebut berjuang buat kelangsungan hidupnya sendiri dan bahwa militan kemungkinan akan meninggal di kota. ISIS merebut Raqqa pada 2014, memproklamirkannya sebagai ibu kota sebuah khilafah.
 
Pasukan Demokrat Suriah (SDF) secara bertahap maju ke kota tersebut sejak November, dan melakukan serangan ofensif pada tanggal 6 Juni.
 
Tidak jelas berapa banyak warga sipil yang masih berada di Raqqa, namun PBB memperkirakan jumlah ini antara 20.000 dan 50.000 orang.
 
Hilangnya Raqqa akan menjadi kemunduran besar lain bagi ISIS setelah kelompok militan diusir dari benteng utama Irak Mosul bulan lalu.
 
"Militan telah kehilangan 78 persen wilayah yang mereka tempati di Irak dan 58 persen dari jumlah mereka di Suriah," pungkas McGurk, seperti dikutip AFP, Sabtu 5 Agustus 2017.
 
"Hari ini di Raqqa, ISIS berjuang untuk setiap blok terakhir dan berjuang buat kelangsungan hidup mereka sendiri," katanya, menggunakan akronim lain untuk ISIS. 
 
"Kemungkinan besar mereka akan mati di Raqqa," cetusnya.
 
Lebih dari 300.000 orang sudah kehilangan nyawa mereka dalam enam tahun konflik di Suriah, yang dimulai dengan demonstrasi melawan Presiden Bashar al-Assad sebelum meningkat menjadi perang saudara skala penuh. Sebelas juta orang telah mengungsi akibat pertempuran tersebut.



(FJR)