Video Militer Mesir Eksekusi Tahanan Bocor

Nur Azizah    •    Sabtu, 22 Apr 2017 00:10 WIB
Video Militer Mesir Eksekusi Tahanan Bocor
Ilustrasi eksekusi mati. MTVN/Rakhmat Riyandi

Metrotvnews.com, Kairo: Sebuah video tentara Mesir menembak mati dua tahanan tak bersenjata beredar. Serangan anti-teror itu terjadi di wilayah utara Sinai, Mesir.

Seperti yang dilansir BBC, rekaman itu menunjukkan pembunuhan yang dilakukan perwira militer Mesir seakan seperti baku tembak. Penembakan terjadi pada jarak dekat.

Satu tahanan yang sudah tersungkur ke tanah masih dihujani timah panas sebanyak empat kali. Sementara, satu tahanan lainnya yang tak bersenjata tampak diinterograsi sebelum akhirnya ditembak mati.

Setelah keduanya tewas, tentara menempatkan senjata di samping mayat dua tahanan itu. Belum diketahui siapa pemilik video singkat itu.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari militer Mesir. Rekaman yang beredar sejak Kamis, 20 April 2017 ini, dibuat dengan menggunakan kamera ponsel.

Namun, situs berita pemerintahan Mesir mengatakan video yang dibuat tahun 2016 itu hasil rekayasa. Video itu telah disiarkan di Mekameleen TV, stasiun yang mendukung Ikhwanul Muslimin,

Tentara Mesir telah bertahun-tahun melakukan serangan terhadap militan Islam di semenanjung Sinai utara. Awal bulan ini, Presiden Abdul Fattah al-Sisi memerintahkan pengerahan militer ke seluruh Mesir setelah puluhan orang tewas dalam dua ledakan.
(SUR)