Empat Prajurit Israel Terkena Ledakan di Dekat Gaza

Willy Haryono    •    Minggu, 18 Feb 2018 09:26 WIB
israel palestinapalestina israelhamas
Empat Prajurit Israel Terkena Ledakan di Dekat Gaza
Dua prajurit Israel menghadapi pengunjuk rasa di sekitar Hebtron, Tepi Barat, 17 Februari 2018. (Foto: AFP/HAZEM BADER)

Tel Aviv: Empat prajurit Israel terluka setelah terkena ledakan di daerah yang berbatasan langsung dengan Jalur Gaza, Sabtu 17 Februari 2018. Ledakan terjadi di dekat pagar kawat perbatasan. 

"Dua prajurit terluka parah, satu menengah dan satu lainnya ringan," ujar pernyataan militer Israel, seperti dikutip AFP

Ini merupakan salah satu insiden paling serius di perbatasan Israel dengan Jalur Gaza yang dikuasai kelompok Hamas sejak keduanya berperang pada 2014. 

Hingga saat ini belum ada yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Namun juru bicara militer Israel Jonathan Conricus menuduh Hamas sebagai dalang di balik ledakan. 

Conricus mengatakan Hamas secara berkala mengatur jalannya unjuk rasa terhadap Israel di sepanjang perbatasan. Ia menuduh Hamas memanfaatkan aksi demo itu untuk memasang bom rakitan IED yang diikatkan ke bendera. 

"Hamas bertanggung jawab atas semua agresi yang datang dari Gaza," sebut Conricus. 

Sumber dari otoritas keamanan Palestina mengatakan ledakan terjadi di bagian timur dari kota Khan Yunis. 

Hamas dan Israel sudah tiga kali berperang sejak 2008. Konflik terakhir pada 2014 berfokus pada sejumlah terowongan dari Gaza yang digunakan untuk melancarkan serangan ke Israel.


(WIL)