Lima Orang Tewas dalam Serangan di Hotel Mewah Kabul

Willy Haryono    •    Minggu, 21 Jan 2018 11:39 WIB
konflik irakisis
Lima Orang Tewas dalam Serangan di Hotel Mewah Kabul
Intercontinental Hotel di Kabul, Afghanistan, terlihat di kejauhan. (Foto: Sky News)

Kabul: Sedikitnya lima orang tewas dan delapan lainnya terluka dalam serangan kelompok bersenjata di sebuah hotel mewah di Kabul, Afghanistan, Sabtu 20 Januari 2018. 

Dalam penyerangan ini, sekitar empat orang bersenjata api dan granat sempat menyandera beberapa tamu di Intercontinental Hotel. 

Pasukan khusus Afghanistan bergegas ke lokasi dan membunuh sedikitnya dua pria bersenjata. Sekitar 100 sandera berhasil dibebaskan dalam operasi ini. 

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Afghanistan sempat mengingatkan potensi terjadinya serangan di sejumlah hotel dalam beberapa hari terakhir. 

Hingga saat ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan. Namun kelompok militan Islamic State (ISIS) merupakan dalang di balik sejumlah serangan mematikan di Kabul dalam beberapa bulan terakhir. 

Manajer hotel Ahmad Haris Nayab, yang berhasil melarikan diri tanpa mengalami luka, menceritakan bahwa para penyerang masuk ke Intercontinental melalui dapur. Semua tamu yang ketakutan berhamburan keluar hotel di tengah bunyi tembakan senjata api. 

Menurut seorang saksi mata, para pelaku menyandera beberapa staf hotel dan tamu.

Bilal Sarwary, seorang jurnalis di Afghanistan, mengatakan kepada Sky News bahwa "beberapa televisi lokal melaporkan terdengarnya suara dua ledakan besar."

Intercontinental Hotel, yang populer di kalangan warga negara asing, pernah diserang Taliban pada 2011. Serangan tersebut menewaskan 21 orang, termasuk 10 warga sipil.


(WIL)