Warga Iran Berikan Suara untuk Pemimpin Masa Depan

Fajar Nugraha    •    Jumat, 19 May 2017 16:08 WIB
politik iran
Warga Iran Berikan Suara untuk Pemimpin Masa Depan
Warga Iran memberikan suaranya dalam Pemuli Presiden 2017 (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Teheran: Tempat pemungutan suara dibuka dalam pemilihan umum Presiden Iran. Rakyat Iran akan memberikan suara untuk pemimpin mendatang.
 
Presiden petahana Hassan Rouhani menghadapi perlawanan sengit dengan ulama garis keras Ebrahim Raisi. Raisi memposisikan dirinya sebagai pembela rakyat miskin dan mendesak kebijakan lebih keras terhadap negara Barat.
 
Hal itu berseberangan dengan Rouhani. Selama memimpin Iran selama empat tahun terakhir, Rouhani merupakan tokoh yang moderat.
 
Rakyat Iran pun mengantre sejak pagi untuk memberikan suaranya. Sementara pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei memberikan suaranya pada pukul 8.00 pagi.
 
"Nasib negara ini berada di dalam tangan rakyat Iran," ujar Khamenei, seperti dikutip AFP, Jumat 19 Mei 2017.
 
Sebagai presiden, Rouhani mendorong pemilu yang adil. Dia mengkritik penangkapan pada pemimpin dan aktivis reformis serta mendesak agar pihak keamanan tidak mencampuri pemungutan suara.
 
Sedangkan Raisi mengatakan akan tetap menghormati kesepakatan nuklir 2015 dengan dunia internasional, termasuk negara Barat. Tetapi dalam kampanyenya, Raisi menyoroti kemerosotan ekonomi yang menjadi bukti bahwa upaya diplomasi Rouhani sudah gagal.



(FJR)