Delapan Orang Tewas Tertimpa Tembok Roboh di Stadion Senegal

Willy Haryono    •    Minggu, 16 Jul 2017 14:23 WIB
kecelakaan mengerikan
Delapan Orang Tewas Tertimpa Tembok Roboh di Stadion Senegal
Ilustrasi korban tewas. (Foto: MTVN)

Metrotvnews.com, Dakar: Delapan orang tewas dan 49 lainnya terluka tertimpa tembok roboh di sebuah stadion sepakbola di Senegal. 

Insiden terjadi di stadion Demba Diop di Dakar, saat pertandingan babak final League Cup antara klub Stade de Mbour melawan Union Sportive Ouakam. 

Bentrokan antar fans terjadi usai pertandingan. Polisi merespons dengan menembakkan gas air mata, yang kemudian memicu kepanikan. Gerakan tak beraturan dari banyak orang di stadion membuat sebagian tembok roboh. 

Dalam kericuhan, beberapa penggemar sepakbola terlihat melemparkan batu ke arah orang-orang yang mereka anggap rival. 

Kantor berita lokal APS melaporkan sejumlah ambulans dan mobil pemadam kebakaran bergegas ke lokasi usai terjadinya bentrok. 

Dengan skor 1-1 setelah pertandingan berjalan 90 menit, Mbour mencetak gol di babak tambahan. Skor 2-1 memicu aksi kekerasan tak lama setelah peluit tanda akhir pertandingan dibunyikan. 

Cheikh Maba Diop, yang temannya tewas dalam kerusuhan, mengatakan kepada AFP: "Tiba-tiba tembok roboh. Kami tahu beberapa teman kami tewas karena tembok itu menimpa tepat di atas mereka."

Juru bicara kantor kepresidenan Senegal menyebut kampanye untuk pemilihan umum pada Minggu akan ditunda sebagai bentuk penghormatan kepada korban. Ia menyebut pemerintah mempertimbangkan menjatuhkan hukuman kepada pihak yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.


(WIL)