Irak Ragukan Laporan Rusia Tewaskan Pemimpin ISIS

Sonya Michaella    •    Sabtu, 17 Jun 2017 11:08 WIB
isis
Irak Ragukan Laporan Rusia Tewaskan Pemimpin ISIS
Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi dikabarkan tewas setelah diserang Rusia. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Baghdad: Seorang kolonel Keamanan Nasional Irak mengatakan, pemimpin Islamic State (ISIS), Abu Bakr al-Baghdadi dipastikan tidak berada di Raqqa saat Rusia melancarkan serangan udaranya pada akhir Mei kemarin.

Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan pernyataan bahwa serangan udaranya pada 28 Mei lalu di Raqqa telah menewaskan Al-Baghdadi.

"Yang terbunuh mungkin militan yang lain. Baghdadi mungkin akan 'beroperasi' dengan hati-hati di daerah perbatasan Irak-Suriah dan jelas dia akan menghindari pengawasan dari Rusia atau Amerika Serikat," kata kolonel yang tidak ingin disebut namanya ini.

Dikutip Reuters, Sabtu 17 Juni 2017, pejabat intelijen Rusia lainnya menambahkan, Rusia tidak memberikan informasi apapun dengan pihak berwenang Irak untuk meyakinkan bahwa Baghdadi benar tewas.

"Kami (Irak) akan mengumumkan kematian Baghdadi jika memang ada laporan dan bukti akurat," sebut dia lagi.

Mantan Menteri Luar Negeri Irak, Hoshiyar Zebari yang kini menjadi penasihat senior pemerintah mengatakan bahwa memang tidak ada konfirmasi akurat soal tewasnya Baghdadi.

Lahir dengan nama Ibrahim al-Samarrai, Baghdadi adalah warga negara Irak yang mengumumkan kekhalifahan ISIS pada 2014 di Raqqa. Selama ini, tak terhitung berapa kali Al-Baghdadi dilaporkan tewas. Namun, tak pernah benar-benar ditemukan seperti apa jasadnya dan diperkirakan kabar tersebut tidak benar.

Pada April lalu, Al-Baghdadi juga dikabarkan tewas setelah wakilnya Ayad al-Jumaili tewas dalam sebuah serangan udara.

Beberapa hari kemudian, sebuah dokumenter menyebut Al-Baghdadi berhasil menghindari penangkapan hanya beberapa menit sebelum tentara Irak tiba ke tempat persembunyiannya.

Kementerian Luar Negeri AS pun pernah menawarkan hadiah sebesar USD25 juta bagi siapapun yang bisa memberikan informasi di mana sebenarnya Baghdadi bersembunyi.

Menurut salah satu sumber intelijen Irak, akhir bulan lalu Baghdadi berada di Deir al-Zor, wilayah antara Irak dan Suriah.





(FJR)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

41 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA