Pemberontak Yaman Tembak Kapal Uni Emirat Arab

Willy Haryono    •    Kamis, 15 Jun 2017 15:35 WIB
konflik yaman
Pemberontak Yaman Tembak Kapal Uni Emirat Arab
Seorang anggota pasukan pro pemerintah berada di pelabuhan kota Mokha, Yaman, 9 Februari 2017. (Foto: AFP/SALEH AL-OBEIDI)

Metrotvnews.com, Riyadh: Pemberontak Yaman menembakkan misil ke sebuah kapal dari Uni Emirat Arab di dekat selat Bab al-Mandab. Kabar penembakan disampaikan koalisi pimpinan Arab Saudi, Kamis 15 Juni 2017. 

Koalisi, yang menghadapi pemberontak Houthi di Yaman beserta para sekutunya lebih dari dua tahun lalu, tidak menyebutkan apakah kapal itu milik militer atau perusahaan swasta. 

Seperti dikutip AFP, kapal itu meninggalkan pelabuhan Mokha di Yaman. Serangan misil melukai seorang kru, namun tidak merusak badan kapal. 

Houthi mengendalikan Yaman utara dan menguasai ibu kota Sanaa pada September 2014. Pemberontak tersebut didukung pasukan keamanan loyalis mantan presiden Ali Abdullah Saleh. 

Pasukan koalisi yang mendukung pemerintahan Presiden Abedrabbo Mansour Hadi merebut kembali Mokha dari pemberontak pada Februari. 

Dalam sebuah pernyataan di situs Sabanews.net, pemberontak mengklaim serangan terhadap sebuah "kapal perang" yang dilakukan pada Selasa pagi. 

Akhir Januari 2017, pemberontak Yaman menyerang sebuah kapal perang Arab saudi di Laut Merah. Dua kru tewas dalam serangan tersebut. 

Tahun lalu, Houthi menyerang sebuah kapal UEA berjenis HSV-2 Swift di Bab al-Mandab. UEA menyebut kapal itu miliki "warga sipil" dan "tidak memiliki kemampuan militer."


(WIL)