Badai Debu Oranye Selimuti Kota di Australia

Arpan Rahman    •    Rabu, 21 Feb 2018 16:47 WIB
topan badaiaustralia
Badai Debu Oranye Selimuti Kota di Australia
Badai debu berwarna oranye terbentang hingga 200 km di sepanjang Outback Australia. (Foto: QUEENSLAND POLICE)

Charleville: Sebuah kota di Australia dilanda badai debu berwarna oranye yang menyelimuti hampir setiap sudut.

Menyapu Charleville di Queensland pada Selasa 20 Februari 2018, badai ini menumbangkan pepohonan dan menyebabkan kerusakan ringan. Fenomena tak biasa ini mendorong warga setempat mengunggah foto dan video ke media sosial.

Otoritas setempat mengatakan, kondisi ini disebabkan tiupan angin kencang yang menyedot dan menyebarkan debu ke area Outback Australia.

"Kami melihat beberapa badai debu di bagian barat Queensland, karena ini adalah kawasan kering dan panas. Ini salah satu peristiwa mengesankan dalam beberapa tahun terakhir," kata Harry Clark, dari Biro Meteorologi Australia, seperti dilaporkan BBC, Rabu 21 Februari 2018.

Dia memperkirakan badai debu ini terbentang hingga 200 kilometer di sepanjang Outback. Kecepatan putaran anginnya tercatat hingga 96 km per jam. Badai membuat jarak pandang di bandara setempat berkurang menjadi sekitar 200 meter.

Beberapa penduduk setempat mengaku terkejut dengan kehadiran badai debu ini.

"Kami mendengar suara halilintar, jadi kami pergi keluar, dan melihat badai debu besar ini," kata Paige Donald kepada Australian Broadcasting Corp. "Mata kami terkena debu," cetusnya.

"Saya tidak menutup jendela kamar tidur sebelum berangkat kerja pagi ini!" tulis Sonja Street, sembari memasang foto yang menunjukkan tempat tidurnya tertutup debu.

Kepolisian Australia mengatakan badai debu berlangsung selama beberapa jam dan menyebabkan kerusakan ringan pada sejumlah rumah.


(WIL)