Mesir Tangkap 14 Anggota Grup Teroris Hasm

Willy Haryono    •    Minggu, 08 Oct 2017 17:56 WIB
konflik mesir
Mesir Tangkap 14 Anggota Grup Teroris Hasm
Polisi Mesir bersiaga di Kairo, 29 April 2017, di tengah kunjungan Paus Fransiskus. (Foto: AFP/THOMAS COEX)

Metrotvnews.com, Kairo: Mesir mengumumkan penangkapan 14 anggota organisasi teroris Hasm. Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan mereka yang ditangkap meliputi salah satu petinggi grup di provinsi Menoufiya, kawasan Delta Nil.

Menurut keterangan Kemendagri Mesir di laman Facebook, seperti dikutip Asharq al-Awsat, Minggu 8 Oktober 2017, para militan sedang merencanakan untuk melancarkan aksi teror di sejumlah tempat. 

Penangkapan dilakukan berdasarkan diterimanya informasi oleh badan keamanan nasional Mesir, yang menyebutkan bahwa para petinggi Hasm telah memerintahkan bawahannya beraksi di Menoufiya. 

Para bawahan juga diminta mempersiapkan serangan teroris untuk menggoyang stabilitas Mesir. Sami Abdulhamid Abdulaal adalah salah satu petinggi Hasm yang ditangkap dalam operasi.

Otoritas Mesir juga mengklaim telah berhasil membongkar lokasi persembunyian sejumlah sel teroris Hasm. 

Hasm telah mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan sejumlah polisi Mesir dalam beberapa bulan terakhir. Merespons hal tersebut, kepolisian Mesir mengumumkan jumlah anggota Hasm yang tewas dalam berbagai operasi pemerintah di seantero negeri.


(WIL)