Boko Haram Bebaskan 21 Gadis Remaja Chibok

Willy Haryono    •    Kamis, 13 Oct 2016 17:39 WIB
boko haram
Boko Haram Bebaskan 21 Gadis Remaja Chibok
Foto pada 5 Mei 2014 memperlihatkan sejumlah gadis remaja asal Chibok yang berhasil melarikan diri dari Boko Haram. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Abuja: Grup ekstremis Boko Haram membebaskan 21 gadis remaja asal Chibok ke pemerintah. Kabar ini dikonfirmasi seorang pejabat di kalangan internal kepresidenan Nigeria.

"Benar. Kementerian Informasi akan merilis pernyataan resmi," ujar sumber itu kepada AFP, Kamis (13/10/2016). 

Menurut sumber lainnya, para gadis itu ditukar dengan empat tahanan Boko Haram di Banki. Identitas 21 gadis yang dibebaskan belum dapat dikonfirmasi. 

"Kami belum dapat mengonfirmasi apa-apa saat ini," kata aktivis gerakan Bring Back Our Girls, Aisha Yesufu.

Organisasi Amnesty International mengatakan Boko Haram telah menculik sedikitnya 2.000 perempuan dan gadis remaja sejak awal 2014. 

Penculikan yang menyorot perhatian dunia terjadi di Chibok, Borno, Nigeria, pada 14 April 2014. Saat itu, Boko Haram menculik 219 gadis remaja dari ruang kelas. 

Amnesty International mengaku sudah mendokumentasikan 38 kasus penculikan oleh Boko Haram berdasarkan pengakuan saksi mata dan korban yang melarikan diri. 

Dalam sebuah video Mei 2014, pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau mengklaim ratusan gadis remaja yang diculiknya telah berpindah agama ke Islam.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA