Pengusaha Mesir Jajaki Peluang Investasi Agrobisnis Indonesia

Sonya Michaella    •    Senin, 18 Feb 2019 15:20 WIB
indonesia-mesir
Pengusaha Mesir Jajaki Peluang Investasi Agrobisnis Indonesia
Pengusaha Mesir kunjungi Indonesia dan bertemu KADIN. (Foto: Dok. KBRI Kairo)

Kairo: Sejumlah pengusaha Mesir mengaku tertarik dalam investasi agrobisnis di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan lawatan mereka ke Indonesia untuk mengecek sejumlah lokasi potensial terkait.

Salah satu pengusaha Mesir tersebut adalah Omar Tosson yang merupakan keluarga pengusaha di bidang properti. Saat ini, mereka memiliki lima perusahaan termasuk sebuah mall di Nasr City. 

"Kunjungan mereka ke Indonesia  lebih untuk mematangkan penjajakan bisnis investasi, penyewaan lahan pertanian dan perkebunan termasuk pembukaan perusahaan ekspor-impor," kata Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzy, Senin 18 Februari 2019.

KBRI Kairo menyambut baik keinginan Omar dan Ahmed Tosson berinvestasi ke Indonesia. Untuk itu, pihaknya memfasilitasi sejumlah pertemuan dengan pihak terkait seperti KADIN, PT Perkebunan Nusantara III,  PT Perkebunan Nusantara VIII, dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Dan untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang berinvestasi di Indonesia , KBRI Kairo juga mempertemukan mereka dengan jajaran BKPM, Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri. 

"Selain mendapat informasi mengenai seluk beluk investasi, kami berharap mereka dapat langsung bertemu dengan partner potensial yang kredibel," ujar dia.

Lebih lanjut, Dubes Helmy berharap lawatan bisnis ini dapat segera ditindaklanjuti. Dijelaskan, model investasi di Indonesia yang diinginkan keluarga Tosson adalah dengan cara mendirikan perusahaan melalui pemanfaatan lahan seluas 10.000 hektar dengan sistem B.O.T (Build-Operate-Transfer). Untuk itu, Dubes Helmy menyarankan agar proyek investasi ini dapat dimulai dengan memanfaatkan lahan seluas 1.000 hektar terlebih dahulu. 

Dalam catatan KBRI Kairo, pada kurun Januari-September 2018, nilai realisasi investasi Mesir di Indonesia sebesar USD640 ribu untuk 6 proyek. Sedangkan, pada periode Januari-Desember 2017, nilai investasi Mesir di Indonesia mencapai USD822 ribu yang terbagi dalam 13 proyek. 

Sementara, bagi Indonesia, Mesir merupakan salah satu negara sasaran outward investment. Total nilai investasi Indonesia di Mesir yang masih berjalan hingga tahun 2018 mencapai USD122 juta.


(WIL)


Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

2 weeks Ago

Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders memulai kampanye di tempat…

BERITA LAINNYA