Banjir Irak Tewaskan 9 Orang, Ribuan Warga Telantar

Willy Haryono    •    Sabtu, 24 Nov 2018 08:09 WIB
irak
Banjir Irak Tewaskan 9 Orang, Ribuan Warga Telantar
Ilustrasi banjir. (Foto: Medcom.id)

Shirqat: Sedikitnya sembilan orang tewas dan ribuan lainnya telantar akibat banjir yang melanda sejumlah wilayah di Irak, Jumat 23 November 2018. Banjir terjadi setelah kawasan tersebut dilanda hujan deras dalam beberapa pekan terakhir.

Wali Kota Shirqat Ali Al-Dodh mengatakan tujuh orang tewas akibat banjir di wilayahnya. Sementara dua lainnya meninggal dunia usai rumah mereka roboh di tengah banjir di provinsi Dhi Qar, Irak selatan.

Seperti dilaporkan kantor berita Iraqi News Agency, rekaman video dari Shirqat memperlihatkan sejumlah orang berada di atas kapal kecil di tengah banjir.

Al-Dodh menyebut sekitar 3.000 orang kehilangan tempat tinggal akibat banjir. Otoritas di kota Tikrit meminta helikopter segera dikerahkan untuk menyelamatkan dan mengevakuasi para korban.

Banjir di wilayah utara dan selatan ini semakin menambak tekanan bagi pemerintahan baru Irak. Pemerintah dituntut bergerak cepat mengatasi banjir dan juga memperbaiki infrastruktur yang rusak di beberapa provinsi selama perang melawan kelompok Islamic State (ISIS) sepanjang periode 2014-2017.

Selain akibat perang, sejumlah pengamat juga menilai banyak infrastruktur di Irak yang rusak akibat dibiarkan begitu saja di tengah maraknya praktik korupsi di pemerintahan.



(WIL)