Arab Saudi Cabut Beasiswa Ribuan Mahasiswa di Kanada

Arpan Rahman    •    Rabu, 08 Aug 2018 20:00 WIB
arab saudipolitik kanada
Arab Saudi Cabut Beasiswa Ribuan Mahasiswa di Kanada
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud dalam jamuan makan di rumah PM Shinzo Abe di Tokyo, Jepang, 13 Maret 2017. (Foto: Reuters)

Riyadh: Ketegangan hubungan Arab Saudi dengan Kanada berlanjut. Kali ini, pemerintah Arab Saudi membatalkan beasiswa bagi ribuan pelajarnya di Kanada dan juga menyuruh mereka semua untuk pulang.

Pembatalan beasiswa dilakukan setelah pemerintah Kanada mengkritik Arab Saudi yang menangkap aktivis hak asasi manusia pekan lalu. Kritik itu membuat Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Kanada.

Langkah terbaru Arab Saudi bisa berpengaruh bagi sejumlah universitas di Kanada, yang menerima ratusan juta dolar biaya masuk sekolah dari pemerintah Arab Saudi untuk para penerima beasiswa.

"Ini berita buruk bagi para mahasiswa. Banyak dari mereka mungkin tidak akan ada di Kanada selama musim panas. Tidak adil!" ungkap Bessma Momani, profesor di Universitas Waterloo, seperti disitir dari UPI, Rabu 8 Agustus 2018.

Menurut statistik resmi dari Saudi Gazette, Riyadh memberi beasiswa kepada 8.076 mahasiswa di Kanada. Para mahasiswa tersebut meliputi 6.508 tanggungan.

Total angka tersebut meliputi lebih dari 800 dokter magang di rumah sakit pendidikan.

Selasa lalu, akun Twitter pemerintah Arab Saudi mengunggah konten di Twitter yang tampak mengancam Kanada. Konten itu dibuat lewat gaya ala serangan 11 September, dimana terdapat gambar pesawat terbang menukik langsung ke CN Tower di Toronto.

"Dia yang mengganggu apa yang bukan urusannya, akan menemukan hal yang tidak disukainya," tulis konten tersebut.

Namun tak lama setelah diunggah, Pemerintah Arab Saudi menghapusnya dan meminta maaf.



(WIL)