Kereta Tabrak Truk di Afsel, 18 Tewas dan 254 Terluka

Sonya Michaella    •    Jumat, 05 Jan 2018 10:56 WIB
kecelakaan kereta apiafrika selatan
Kereta Tabrak Truk di Afsel, 18 Tewas dan 254 Terluka
Kereta api tabrak truk di Afrika Selatan. (Foto: AFP)

Cape Town: Setidaknya 18 orang tewas dan 254 lainnya terluka akibat tabrakan antara kereta penumpang dengan truk di Afrika Selatan. Parahnya, beberapa gerbong sempat terlempar dari rel.

Menurut laporan, sopir truk menjadi tersangka karena menerobos palang rel kereta api yang akan ditutup.

"Polisi sedang menyelidiki kasus ini. Untuk sementara, sopir truk sudah kami amankan dan akan dilakukan tes urin," kata polisi setempat, dikutip dari AFP, Jumat 5 Januari 2018.

Rekaman dari berita televisi menunjukkan bahwa api menelan salah satu gerbong kereta setelah kecelakaan itu. Insiden ini tersebut terjadi diperlintasan antara Port Elizabeth dan Johannesburg.

Perusahaan kereta api Shosholoza Meyl, yang mengoperasikan kereta jarak jauh Afrika Selatan, mengatakan bahwa kereta tersebut bertabrakan dengan truk sekitar pukul 09.00 pagi waktu setempat.

Afrika Selatan memiliki jaringan kereta api terbesar di benua Afrika. Namun, beberapa waktu terakhir, jaringan terganggu oleh kesalahan manajemen dan kurangnya investasi.

Hal ini berujung pada menurunnya pengguna kereta meski telah menjadi transportasi umum termurah.

Dalam sebuah laporan baru-baru ini, Regulator Keselamatan Kereta Api milik pemerintah (RSR) mengatakan bahwa rentang tahun 2016-2017, 495 orang kehilangan nyawa akibat kecelakaan kereta api dan 2.079 lainnya terluka.


(FJR)