Malawi Pecat 68 PNS atas Penggelapan Uang Gaji

Willy Haryono    •    Kamis, 10 Aug 2017 23:17 WIB
kasus penggelapan
Malawi Pecat 68 PNS atas Penggelapan Uang Gaji
Sejumlah PNS berunjuk rasa di Malawi. (Foto: Face of Malawi)

Metrotvnews.com, Lilongwe: Malawi telah memecat 68 pegawai negeri sipil atas penggelapan dana publik senilai USD2 juta atau setara Rp26 miliar. 

Penggelapan terjadi di jajaran staf kementerian pertanian di Malawi. Sejumlah pegawai dituduh menjalankan skema penggelembungan uang gaji atau membayarkan uang untuk pekerja fiktif antara 2012 dan 2014. 

"Enam puluh delapan pegawai telah dipecat dan kasus mereka diserahkan ke jaksa agung untuk diproses," kata Osborne Tsoka, juru bicara kementerian pertanian Malawi, seperti disitat AFP, Kamis 10 Agustus 2017. 

Penyelidikan menunjukkan sebagian besar uang dicuri oleh sejumlah akun personel kementerian pertanian di Lilongwe dan di beberapa stasiun riset. 

Sebanyak 180 ribu PNS di Malawi mendapat gaji sekitar USD100 per bulan. Korupsi di Malawi merajalela di sektor publik. 

Pada 2013, beberapa pejabat tinggi Malawi terjerat skandal "Cashgate," di mana jutaan dolar dicuri dari peti simpanan pemerintah. 

Sejumlah donor internasional menarik bantuan dana sekitar USD150 juta setelah terungkap fakta bahwa sedikitnya USD30 juta dicuri sekelompok PNS selama periode enam bulan. 

Para PNS, politikus dan pebisnis di Malawi yang terjeta "Cashgate" akan menghadapi tuntutan kriminal, walau sejauh ini baru empat orang yang didakwa.



(WIL)