Hubungan Memburuk, Sudan Tarik Dubes dari Mesir

Willy Haryono    •    Jumat, 05 Jan 2018 19:08 WIB
politik sudanpolitik mesir
Hubungan Memburuk, Sudan Tarik Dubes dari Mesir
Sungai Nil yang melewati kota Aswan, Mesir, 24 November 2017. (Foto: AFP/KHALED DESOUKI)

Khartoum: Sudan menarik duta besar untuk Mesir tanpa menyebutkan alasan spesifik maupun berapa lama penarikan berlangsung. Ini dilakukan di tengah memburuknya hubungan kedua negara. 

Dalam sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri Sudan, disebutkan bahwa "memutuskan pada Kamis untuk menarik duta besar Sudan untuk Kairo Abdel-Mahmood Abdel Halim ke Khartoum untuk konsultasi." 

Seperti dikutip Asharq al-Awsat, Jumat 5 Januari 2018, pemerintah Mesir sudah mendapat pemberitahuan dari Sudan satu hari sebelumnya, dan kini sedang menimbang-nimbang mengenai respons apa yang seharusnya diambil. 

Hubungan kedua negara memburuk mengenai sengketa kepemilikan area perbatasan Segitiga Halayeb. Sudan dan Mesir juga bersitegang mengenai penggunaan air dari Sungai Nil yang melintasi kedua negara. 

Tahun lalu, Khartoum menuduh Kairo ikut campur dalam urusan politik dan melarang semua produk pertanian dari Mesir.

Kairo membantah tuduhan di media bahwa Mesir meminta Sudan tidak dilibatkan dalam negosiasi proyek bendungan Grand Ethiopian Renaissance Dam. 

Mesir menyebut saat Menteri Luar Negeri Sameh Shoukry ke Ethiopia, dirinya mengajukan proposal untuk menghadirkan Bank Dunia sebagai mediator netral dalam negosiasi proyek tersebut. 


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

1 day Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA