Pria Bersenjata Bunuh Dua Penjaga Istana Raja Arab Saudi

Willy Haryono    •    Minggu, 08 Oct 2017 15:33 WIB
arab saudi
Pria Bersenjata Bunuh Dua Penjaga Istana Raja Arab Saudi
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud berbicara di Istana Al-Salam di Jeddah, 20 September 2017. (Foto: AFP/BANDAR AL-JALOUD)

Metrotvnews.com, Jeddah: Seorang pria bersenjata mengendarai kendaraan hingga ke gerbang istana raja Arab Saudi di Jeddah dan menembak mati sedikitnya dua petugas keamanan dan melukai tiga lainnya, Sabtu 7 Oktober 2017.

Pelaku, diidentifikasi Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi sebagai Mansour al-Amri, tewas ditembak petugas keamanan. Pria 28 tahun itu diketahui sebagai warga lokal yang membawa senapan Kalashnikov dan tiga bom molotov. 

Menurut laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), Amri keluar dari mobilnya di pos pemeriksaan di luar gerbang barat Istana Al-Salam dan mulai melepaskan tembakan. 

Istana Al-Salam, tempat keluarga kerajaan melakukan beragam tugas selama musim panas, berlokasi di samping Jalan Raja Abdulaziz dan Andalus di wilayah pesisir Laut Merah. 

Pada saat kejadian, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud sedang melakukan kunjungan resmi ke Rusia.

Amri diketahui tidak memiliki catatan kriminal atau koneksi dengan grup militan tertentu. Investigasi sedang dilakukan untuk mengetahui motif pelaku. 

Sebelumnya, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Arab Saudi telah mengingatkan warganya untuk berhati-hati jika berada di area dekat istana, setelah terjadinya penembakan. 

"Di tengah penyelidikan kepolisian Arab Saudi, warga AS diminta waspada saat berada di area (istana)," tutur Kedubes AS.

Grup militan seperti al-Qaeda dan Islamic State (ISIS) diketahui pernah melancarkan sejumlah serangan di Arab Saudi.


(WIL)