Turki Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Iran-Irak

Sonya Michaella    •    Selasa, 14 Nov 2017 13:04 WIB
gempa bumi
Turki Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Iran-Irak
Situasi perbatasan Iran-Irak pascagempa 7,3 SR. (Foto: AFP)

Ankara: Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) meluluhlantakkan perbatasan Iran-Irak. Membantu para korban dan pengungsi, Turki telah mengirimkan tim medis dari Kementerian Kesehatan yang akan tiba di Provinsi Sulaymaniyah, hari ini.

Berbicara dengan Menteri Luar Negeri Iran Jazad Zarif, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavosoglu mengatakan, Turki juga akan mengirimkan sejumlah bantuan kepada Iran.

"Dua organisasi terkemuka di Turki akan membantu korban gempa perbatasan Iran-Irak," ucap dia, dikutip dari Anadolu, Selasa 14 November 2017.

Pengiriman bantuan akan berasal dari gudang regional Bulan Sabit Merah Turki (Kizilay) dan Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD).

Turki juga akan mengirimkan bantuan untuk warga Irak yang terkena dampak dari gempa dashyat ini, meski beberapa waktu lalu Turki sempat tidak setuju dengan referendum Kurdi.

"Kami memberikan dukungan kepada rakyat Irak tanpa pandang bulu. Yang penting saat ini adalah bantuan kemanusiaan," kata Cavosoglu lagi.

Korban tewas gempa Iran-Irak kini telah mencapai 450 orang. Selain itu, 7.000 orang lainnya juga dilaporkan terluka.

Pejabat lokal memperkirakan jumlah korban tewas meningkat saat tim pencarian dan penyelamatan mencapai daerah terpencil di Iran.

Gempa tersebut dirasakan di beberapa provinsi di Iran. Namun provinsi yang paling parah terlanda, Kermanshah. Lebih dari 300 korban berada di wilayah Sarpol-e Zahab, provinsi tersebut, sekitar 15 km dari perbatasan Irak.



(FJR)