Rakyat Palestina Ikut Rayakan HUT RI ke-71 di Gaza

Sonya Michaella    •    Minggu, 21 Aug 2016 10:25 WIB
71 tahun kemerdekaan ri
Rakyat Palestina Ikut Rayakan HUT RI ke-71 di Gaza
Proses pengibaran bendera Merah Putih di Gaza oleh rakyat Palestina (Foto: Video Abdillah Onim)

Metrotvnews.com, Gaza: HUT Republik Indonesia yang ke-71 juga dirayakan oleh rakyat Palestina. Di sana, bendera merah putih dikibarkan berdampingan dengan bendera Palestina.

Sejarah mencatat, Presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno pernah berkunjung ke Gaza, Palestina bersama Presiden Mesir, Abdul Naser.

"Berapi-api semangat mereka untuk merdeka, mereka turut memperingati kemerdekaan RI walau Palestina masih dijajah, ternyata kemerdekaan itu sangat mahal," ujar Abdillah Onim, seorang WNI yang sudah menetap di Gaza, seperti dikutip dari laman Facebooknya, Minggu (21/8/2016).

Kali ini, bertepatan dengan HUT RI ke 71, untuk pertama kali rakyat Palestina berhasil mengibarkan bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya.



Mereka juga mengibarkan bendera Palestina berdampingan dengan bendera Merah Putih, dengan diiringi lagu ebangsaan Palestina.

"Nggak nyangka mata berkaca-kaca dan merinding saat melakukan liputan acara ini, terutama detik-detik mereka menaikkan bendera Merah Putih dan diiringi lagu Indonesia Raya dan memberi penghormatan," lanjutnya.



Indonesia sangat mendukung kemerdekaan Palestina dan proses itu masih berjalan hingga saat ini. Hal tersebut juga diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Marc Ayrault pada 6 Juli lalu.

"Indonesia akan terus berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas negara Palestina sebagai bagian dari upaya internasional mendorong perdamaian Palestina-Israel," kata Menlu Retno.

Indonesia pun menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (KTT OKI) di Jakarta pada Maret lalu.

Dalam KTT tersebut, dibahas pula dukungan-dukungan untuk kemerdekaan Palestina dengan negara-negara anggota OKI lainnya.


(WIL)