Indonesia Diyakini Bisa Lebih Berperan Menjaga Perdamaian

Faisal Abdalla    •    Rabu, 31 Oct 2018 03:26 WIB
indonesia di pbb
Indonesia Diyakini Bisa Lebih Berperan Menjaga Perdamaian
Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Inggris, Lord Tariq Ahmad (kiri). Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla

Jakarta: Inggris menyambut baik bergabungnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB tahun depan. Inggris percaya Indonesia memiliki agenda-agenda penting untuk diperjuangkan. 

Hal itu disampaikan Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Inggris, Lord Tariq Ahmad usai melakukan pertemuan dengan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. 

"Kami sangat senang dan menyambut baik bergabungnya Indonesia ke dalam Dewan Keamanan PBB," kata Tariq di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Oktober 2018. 

Tariq mengatakan Dewan Keamanan PBB memainkan peran penting dalam menjaga perdamaian dunia. Dia percaya Indonesia-Inggris memiliki kesamaan visi misi dalam menjaga perdamaian di tingkat internasional. 

"Kita memiliki concern yang sama, seperti situasi di Myanmar di mana Inggris sangat memperjuangkan isu tersebut di Dewan Keamanan," tukasnya. 

Selain itu, Tariq juga yakin Indoensia-Inggris juga memiliki kesamaan visi-misi terkait isu perlindungan hak-hak perempuan. Dia percaya Indonesia akan memainkan peran penting di dalam Dewan Keamanan PBB. 

"Kami senang, dan kami menyambut hangat bergabungnya kawan kami di Dewan Keamanan PBB tahun depan," tuturnya. 

Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB setelah mendapatkan 144 suara di pertemuan Majelis Umum pada Juni lalu. Ini kali keempat Indonesia terpilih sebagai anggota DK PBB. Masa Indonesia di DK PBB terhitung 2019 sampai 2020.
(AGA)