Ethiopia Airlines Buka Rute Penerbangan Langsung Addis Ababa-Jakarta

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 11 Apr 2018 10:47 WIB
Forum Indonesia AfrikaIndonesia-Ethiopia
Ethiopia Airlines Buka Rute Penerbangan Langsung Addis Ababa-Jakarta
Menlu Retno Marsudi mengadakan pertemuan bilateral dengan CEO Ethiopia Airlines Tewolde Gebremariam (Foto Marcheilla Ariesta).

Nusa Dua: Maskapai kenamaan milik Afrika, Ethiopia Airlines akan membuka rute penerbangan langsung Addis Ababa-Jakarta. Penerbangan pertama diharapkan dilakukan bulan depan.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengadakan pertemuan bilateral dengan CEO Ethiopia Airlines Tewolde Gebremariam membawa serta perwakilan dari Garuda Maintenance Facility (GMF). Tujuannya agar GMF mau melakukan kerja sama teknis dengan Ethiopia Airlines.
 
"Isu pokok yang dibahas tadi adalah meningkatkan hubungan dengan Afrika, maka kita membahas mengenai konektivitas. Isu ini sangat penting sebagai upaya meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama perdagangan," ucap Menlu Retno.
 
Menurut dia, kesepakatan untuk melakukan penerbangan langsung Jakarta-Addis Ababa merupakan suatu terobosan baru untuk mendukung kegiatan ekonomi Indonesia dari Afrika. Menurtnya tak hanya dengan Ethiopia, namun juga mempekuat konektivitas di wilayah Sub Sahara.
 
Duta Besar RI untuk Ethiopia Imam Santoso mengharapkan bulan depan penerbangan pertama tersebut sudah bisa dilakukan. Pasalnya, masih ada masalah teknis seperti kantor di bandara dan lain sebagainya yang perlu diselesaikan.
 
Selain itu, Menlu Retno mengatakan pihak Afrika tengah membahas Addis Ababa akan digunakan sebagai hubungan pelayanan visa untuk negara di Afrika. Hal ini tentunya memudahkan pelayanan visa warga Indonesia yang akan pergi ke beberapa negara di Afrika.
 
"Kita tidak akan memberikan komentar apapun, namun kalau itu dilakukan maka akan sangat baik untuk perjalanan-perjalanan kita," pungkas Retno.
 


(FJR)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

13 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA