Arab Saudi Keluarkan SIM untuk Wanita

Sonya Michaella    •    Selasa, 05 Jun 2018 09:25 WIB
arab saudi
Arab Saudi Keluarkan SIM untuk Wanita
Seorang wanita Arab Saudi berlatih mengemudi di Riyadh, 29 April 2018. (Foto: AFP/YOUSEF DOUBISI)

Riyadh: Seiring dengan dicabutnya larangan mengemudi bagi wanita, Arab Saudi kini telah mengeluarkan Surat Izin Mengemudi (SIM) khusus untuk wanita. 

Peraturan baru ini akan disahkan pada 24 Juni mendatang. Terkonfirmasi bahwa sudah ada 10 wanita Arab Saudi yang telah mendapatkan SIM.

"Sepuluh wanita Arab Saudi telah membuat sejarah di mana mereka mendapatkan SIM," kata Pusat Informasi dan Komunikasi Internasional (CIC), dikutip dari Channel News Asia, Selasa 5 Juni 2018.

"Harapannya, minggu depan ada 2.000 wanita yang akan bergabung untuk mendapatkan SIM mereka," lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya, pada September 2017, sebuah dekrit kerajaan mengumumkan rencana pencabutan larangan mengemudi untuk perempuan. Setelah nantinya larangan dicabut, perempuan berusia 18 tahun ke atas boleh mengajukan pembuatan Surat Izin Mengemudi. 

Sekolah mengemudi untuk wanita juga telah dibangun di lima kota Arab Saudi. Jajaran guru di sekolah ini adalah para wanita Arab Saudi yang telah mendapatkan SIM di luar negeri.

Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, 32, dipandang sebagai tokoh utama di balik pencabutan larangan. Ini merupakan bagian dari upayanya memodernisasi Arab Saudi yang konservatif.

Salah satu bagian dari upaya ini adalah menjadikan wanita sebagai sepertiga dari total pekerja di Arab Saudi. Dengan kemampuan mengemudi, mobilitas wanita di Arab Saudi diharapkan dapat lebih tinggi agar dapat bersaing di dunia kerja. 

Namun sejumlah aktivis mengatakan perubahan ini hanya bersifat kosmetik jika sistem wali di Arab Saudi belum dihilangkan. Lewat sistem ini, wanita harus mendapatkan izin dari suami atau saudara pria untuk belajar, bepergian atau melakukan aktivitas lain.


(WIL)