Total Bantuan Arab Saudi ke Palestina Capai Rp83 Triliun

Willy Haryono    •    Rabu, 30 May 2018 13:11 WIB
arab saudi
Total Bantuan Arab Saudi ke Palestina Capai Rp83 Triliun
Dr. Abdullah Al Rabeeah (kiri) bersama Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: Saudi Press Agency)

Riyadh: Total bantuan Arab Saudi ke masyarakat Palestina dalam 17 tahun terakhir telah melebihi USD6 miliar atau setara Rp83 triliun.

Dalam sebuah pernyataan pers, seperti dikutip dari Asharq al-Awsat, Rabu 30 Mei 2018, Kerajaan Arab Saudi menyebut telah memberikan "dukungan ekstensif dan berkelanjutan" terhadap masyarakat Palestina.

Bantuan dengan total Rp83 triliun itu telah diberikan Arab Saudi ke Palestina dalam kurun waktu 2000 hingga 2018.

Menurut keterangan Dr. Abdullah Al Rabeeah, penasihat kerajaan Arab Saudi, bantuan dari Riyadh juga didukung sejumlah rekan seperti beberapa agensi PBB, Komite Nasional Bantuan untuk Rakyat Palestina serta berbagai organisasi non-pemerintah (NGO).

Rabeeah menyebut salah satu bantuan terpenting Arab Saudi ke Palestina adalah untuk program pembangunan dan renovasi rumah di kamp pengungsi Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Arab Saudi juga menandai proyek perumahan bagi masyarakat Palestina di Rafah (Fase 1) yang diimplementasikan via UNRWA, salah satu agensi PBB. 

Program tersebut meliputi 752 rumah, empat sekolah, satu pusat kesehatan, pusat kebudayaan, mal, masjid, jalan aspal, lampu jalan serta fasilitas pemasok air bersih.

Fase II Program Rafah meliputi 765 rumah, dua sekolah, satu masjid serta infrastruktur listrik.


(WIL)