111 Orang Ditangkap dalam Operasi AntiISIS di Turki

Fajar Nugraha    •    Kamis, 09 Nov 2017 19:54 WIB
terorismeisis
111 Orang Ditangkap dalam Operasi AntiISIS di Turki
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Ankara: Kepolisian Turki menahan 111 orang tersangka kelompok militan Islamic State (ISIS) di Ankara, Kamis 9 November. Penangkapan dilakukan sebagai bentuk operasi luas terhadap kelompok ekstremis tersebut.

Total, sekitar 1.500 polisi turut serta dalam penggerebekan tersebut. Sebelumnya pihak berwenang sudah mengeluarkan perintah penangkapan terhadap 245 tersangka.

"Operasi dilakukan terhadap lebih dari 250 alamat dan ditemukan dokumen serta materi digital mencurigakan," pernyataan pihak keamanan Turki, seperti dikutip AFP, Kamis 9 November 2017.

Sementara di Kota Bursa, 27 tersangka termasuk warga Suriah juga ditahan didalam operasi antiISIS. 

Turki terus menerus dihadapkan pada rangkaian serangan yang diduga diotaki oleh kelompok militan ISIS. Serangan terbesar terjadi pada pesta tahun baru yang menewaskan 39 orang di sebuah klub malam di Istanbul.

Pelaku serangan tersebut diketahui bernama Abdulgadir Masharipov yang kelahiran Uzbekistan. Dia kemudian mengaku bertanggungjawab atas serangan akan disidang pada 11 Desember.

ISIS sendiri menjadikan Turki sebagai target serangan mereka sejak akhir 2015. Turki dijadikan target setelah mereka mengizinkan militer Amerika Serikat melakukan serangan ke target ISIS di Suriah dari Turki.



(FJR)