Australia Sita Hampir Delapan Ton Narkoba di Laut Arab

Willy Haryono    •    Sabtu, 30 Dec 2017 19:09 WIB
narkotika internasional
Australia Sita Hampir Delapan Ton Narkoba di Laut Arab
Kru HMAS Warramunga bersiap menaiki sebuah kapal yang diduga mengangkut narkoba di Laut Arab, 27 Desember 2017. (Foto: AFP/AUSTRALIAN DEPARTMENT OF DEFENCE/TOM GIBSON)

Canberra: Kru sebuah kapal perang Australia menyita hampir delapan ton narkotika jenis hashish di Laut Arab. Nilai dari barang sitaan itu diperkirakan mencapai USD325 juta atau setara Rp4,4 triliun. 

Kapal HMAS Warramunga juga menyita 69 kilogram heroin saat sedang melakukan operasi keamanan maritim di Laut Arab sejak tiga hari terakhir. 

"Para kru sudah mempersiapkan tugas semacam ini, dan kami bisa mengirim helikopter untuk menaiki tiga kapal terduga (pembawa narkoba)," ujar kapten kapal Dugald Clelland, seperti dikutip AFP, Sabtu 30 Desember 2017. 

"Pencarian menyeluruh berujung pada penemuan hashish dan heroin dalam jumlah besar yang hendak didistribusikan ke seluruh dunia," lanjut dia. 

Mayor Jenderal John Frewen, kepala Pasukan Australia untuk Timur Tengah, menyebut penyitaan ini sebagai pukulan telak bagi pengedar narkoba. 

"Operasi ini akan berdampak pada peredaran narkoba di seluruh dunia dan juga terhadap uang hasil kejahatan untuk mendanai sejumlah organisasi teroris," sebut dia. 

Canberra tidak menyebutkan di garis pantai negara mana penyitaan narkoba itu terjadi. 

HMAS Warramunga adalah bagian dari kemitraan Pasukan Maritim Gabungan (CMF), di mana 30 negara berpatroli di perairan internasional seluas 2,5 juta mil persegi.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

1 day Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA