Presiden Nigeria Sukses Lakukan Negosiasi dengan Boko Haram

Nur Azizah    •    Kamis, 13 Oct 2016 23:32 WIB
boko haram
Presiden Nigeria Sukses Lakukan Negosiasi dengan Boko Haram
Foto pada 5 Mei 2014 memperlihatkan sejumlah gadis remaja asal Chibok yang berhasil melarikan diri dari Boko Haram. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Nigeria: Sebanyak 21 gadis asal Chibok, Nigeria diculik Boko Haram sejak tahun 2014. Kini, mereka telah dibebaskan setelah pemerintah Nigeria bernegosiasi.

“Pembebasan itu hasil negosiasi antara pemerintah dan militan Islam,” kata juru bicara Nigeria, Garba Shehu seperti yang dikutip dari BBC, Kamis (13/10/2016).

Presiden Nigeria pun menulis di akun twitternya lantaran negosiasi yang dilakukan sukses. "Telah melakukan negosiasi yang sukses" tulis Presiden Nigeria.

Pembebasan 21 gadis itu ditukar dengan empat militan Boko Haram yang telah dipenjara. Boko Haram menyandera lebih dari 270 siswa dari sebuah sekolah di Chibok, utara-timur Nigeria. Tindakan itu pun menuai kecaman dari dunia internasional.

Baca:  Boko Haram Bebaskan 21 Gadis Remaja Chibok

Hal itu pun mengundang media sosial, twitter terbesar untuk berkampanye dengan menggunakan hastag  #BringBackOutGilrs.

Juru bicara Presiden, Muhammadu Buhari mengatakan, Komite Internasional Palang Merah (ICRC) dan pemerintah Swiss telah bertindak sebagai mediator dalam pembicaraan dengan Boko Haram.

Shehu menambahkan bahwa negosiasi akan terus dilakukan. Gadis-gadis yang dijadwalkan tiba di Abuja akan diperiksa oleh tim dokter dan psikolog,

Menteri Informasi Lai Mohammed menyampaikan, pemerintah yakin bahwa gadis-gadis yang tersisa akan bebas. Seseorang pejabat keamanan kepada BBC bahwa tahanan Boko Haram dibawa ke titik pertemuan dekat perbatasan Kamerun.

Di bawah pengawasan ICRC, gadis-gadis itu kemudian dilepaskan dan diserahkan kelompok militan. Para siswa kemudian bawa ke kota Maiduguri dan ditempatkan di bawah pengawasan aparat keamanan.

Menurut pejabat keamanan, sebagian besar wanita yang diculik telah memiliki bayi. Bulan lalu, negosiasi pemerintah Nigeria dengan Boko Haram berjalan alot. 

"Saya hanya bisa menangis, sekarang. Sekarang ini tangisan tercampur dari beberapa emosi," Obiageli Ezekwesili, salah satu pemimpin dari gerakan #BringBackOurGirls dalam akun twitternya.


(ALB)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

4 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA