George Weah Resmi Dikukuhkan sebagai Presiden Liberia

Arpan Rahman    •    Sabtu, 30 Dec 2017 10:17 WIB
liberia
George Weah Resmi Dikukuhkan sebagai Presiden Liberia
George Weah resmi menjadi Presiden Liberia (Foto: AFP).

Monrovia: Dewan pemilu Liberia pada Jumat secara resmi memberi sertifikasi mantan bintang sepakbola internasional George Weah sebagai pemenang pemilihan presiden, setelah menghitung semua hasil suara.
 
 
Dalam transfer kekuasaan demokratis pertama Afrika Barat setelah dua kali perang sipil yang menghancurkan Liberia, Weah mengalahkan Wakil Presiden Joseph Boakai dalam pemungutan suara Kamis 28 Desember. Ia memperoleh 61,5 persen suara berbanding 38,5 persen untuk rivalnya dan menang di 14 dari 15 provinsi di Liberia.
 
Partai CDC Weah memenangkan total 732.185 suara melawan partai Persatuan Boakai, yang mengumpulkan 457.579.
 
"Sesuai dengan kewenangan yang diberikan kepada Dewan Pemilu oleh Konstitusi dan undang-undang pemilihan baru di Republik Liberia, dan berdasarkan hasil yang dibacakan, saya, yang bertindak atas nama dewan komisaris, dengan ini menyatakan sertifikat presiden kepada senator George Weah dan Jewel Howard-Taylor sebagai pemenang pemilihan presiden 26 Desember 2017," kata presiden Dewan Pemilu, Jerome Korkoya, seperti dikutip Telegraph, Sabtu 30 Desember 2017.
 
Hasilnya hampir sama dengan yang diumumkan pada Kamis malam oleh komisi tersebut setelah 98 persen penghitungan.
 
Weah akan dilantik pada 22 Januari, mengambil alih posisi Ellen Johnson Sirleaf, yang pada 2006 menguasai negara yang didirikan oleh budak-budak yang dibebaskan Amerika.
 
Boakai mengakui kekalahan pada Jumat dan mengatakan bahwa dia telah menelepon Weah untuk mengucapkan selamat kepadanya. Dia juga menyerukan persatuan. Katanya: "Cinta saya untuk negara jauh lebih besar daripada keinginan saya menjadi presiden."

Sejak pensiun dari dunia sepak bola pada 2003, Weah memang fokus banting stir ke dunia politik. Dua tahun kemudian, mantan pemain Chelsea ini langsung mencalonkan diri menjadi Presiden Liberia.

Sayangnya usaha pertamanya gagal setelah kalah bersaing dengan Ellen Johnson Sirleaf. Kurangnya pengalaman Weah di dunia politik, membuatnya dipandang sebelah mata.

Kini pada kesempatan keduanya, Weah yang bergabung dengan partai Koalisi Demokratis untuk Perubahan akhirnya terpilih sebagai Presiden ke-25 Liberia. 
 


 


(FJR)


Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

Grup Amal Texas Tampung 30 Imigran yang Ditahan AS

6 hours Ago

Para imigran itu ditampung usai otoritas AS mencabut dakwaan hukum atas tuduhan memasuki wilayah…

BERITA LAINNYA