Jumlah Penebang Kayu yang Dibunuh Boko Haram Jadi 25

Willy Haryono    •    Senin, 01 Jan 2018 15:17 WIB
boko haram
Jumlah Penebang Kayu yang Dibunuh Boko Haram Jadi 25
Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau. (Foto: AFP/YouTube)

Maiduguri: Jumlah penebang kayu yang dibunuh grup ekstremis Boko Haram di Nigeria melonjak dari empat menjadi 25 orang. Kabar disampaikan korban selamat dan milisi lokal, Minggu 31 Desember 2017. 

Militan bersepeda motor menyerang para korban yang sedang menaikkan kayu ke mobil bak terbuka di desa Maiwa, sekitar 20 kilometer dari ibu kota Maiduguri. 

Tim pencari yang melanjutkan pencarian menemukan tambahan 21 korban di area sekitar lokasi penyerangan. "Kami menemukannya saat menyisir semak belukar," ujar seorang penebang kayu, Bunu Gana, kepada AFP

"Lima puluh tiga penebang kayu pergi ke areal penebangan dari desa Bakin Muna, tapi hanya 28 yang pulang dengan selamat usai penyerangan," lanjut dia. 

Sepak terjang Boko Haram telah menewaskan lebih dari 20 ribu orang dan membuat 2,6 juta lainnya kehilangan tempat tinggal sejak 2009. Aksi mereka memicu krisis kemanusiaan di kawasan. 

Sebagian besar korban telantar akibat Boko Haram menggantungkan hidup dari bantuan relawan. Sementara sebagian lainnya memilih menebang kayu untuk dijual demi kebutuhan hidup.

Boko Haram belakangan sering menyerang penebang kayu, yang dituduh melakukan aktivitas mata-mata dan menyampaikan informasi gerakan pemberontak ke militer atau milisi lokal.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA