KBRI Doha Gelar Syukuran Suksesnya Kunjungan Emir Qatar

Sonya Michaella    •    Rabu, 08 Nov 2017 07:56 WIB
indonesia-qatar
KBRI Doha Gelar Syukuran Suksesnya Kunjungan Emir Qatar
Dubes RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi membuka acara Indonesian Night. (Foto: Dok. KBRI Doha)

Metrotvnews.com, Doha: Pentas seni budaya dan angklung meramaikan acara Indonesia Night di Qatar yang merupakan ungkapan syukur atas keberhasilan kunjungan kenegaraan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamd Al Thani ke Indonesia pada 17-18 Oktober kemarin.

Acara kesenian ini dibalut dengan pertemuan usaha antara pelaku usaha Indonesia dengan komunitas bisnis di Qatar guna menindaklanjuti hasil kunjungan Emir Qatar.  

Indonesia Night ini pertama kali digelar di Qatar. Kegiatan ini berupa pentas seni budaya yang dipadukan dengan  promosi pariwisata, ekonomi dan investasi.

"Saya mengapresiasi kedatangan para undangan dan hasil kunjungan Emir Qatar yang menandatangani lima perjanjian kerja sama mengenai pembentukan komite bersama, penerbangan, kepemudaan dan olahraga, pendidikan dan kesehatan," kata Duta Besar RI untuk Qatar, Muhammad Basri Sidehabi dalam sambutannya.

Seperti keterangan resmi dari KBRI Doha kepada Metrotvnews.com, Rabu 8 November 2017, ia juga menyampaikan penandatangan investasi Qatar untuk pembangunan Pembangkit Listrik di Sumatra Utara senilai USD1 miliar. Dubes Basri pun memaparkan kesepakatan di bidang pelabuhan laut antara Qatar Ports Management Company "Mwani Qatar" dengan PT Pelindo II dan PT Pelindo I serta kerjasama Kadin kedua negara.



Acara pentas seni dan budaya diawali dengan tari Tidi Lo Palopalo, tarian Gorontalo yang merupakan tarian pergaulan. Tari ini guna mencerminkan sikap kehangatan tuan rumah yang menyambut tamu dengan ramah, bahagia dan tulus.

Pentas seni dilanjutkan medley tarian Tiga Dara dan  Tari Lenggang Nyai tarian khas Betawi yang penuh gerakan ritmis dinamis dengan iringan musik riuh dan gerakan menghentak dan memukau membuat penonton seakan terhipnotis dengan penampilan tarian tradisional dari Indonesia ini. Gerakan yang memukau membuat penonton seakan terhipnotis dengan penampilan tarian tradisional ini.

Tari itu dibawakan putera-puteri komunitas Diaspora Indonesia dari Puspa Qinarya,  yang kerap memenangi  berbagai festival seni dan budaya internasional di Qatar.  Alunan angklung dari Qatar Indonesia Angklungers (QIA) dengan baju tradisional dengan warna yang mencolok dan berwarna-warni menambah kemeriahan resepsi. 

Acara ini juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan dengan video dan spanduk-spanduk mengenai pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa periode 2019-2020.
 


(FJR)